Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 14 Agu 2020 - 09:59:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Dalam Pidato Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Sampaikan Pentingnya Pemulihan Ekonomi Nasional

tscom_news_photo_1597374403.jpg
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama presiden Joko Widodo di sidang tahunan MPR RI 2020 (Sumber foto : Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bertempat di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, 14 Agustus 2020, MPR menggelar ‘Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Kemerdekaan ke-75 Dalam Sidang Bersama DPR -DPD’.

Pada sidang tahunan MPR tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan kalau pandemi corona semakin membuat dunia terseret dalam jurang resesi terburuk di luar periode perang dalam 100 tahun.

"Dampak ekonomi akibat virus corona sangat buruk sekali. Pemulihannya akan lambat dan krisis akan memiliki dampak yang bertahan lama, secara tidak proporsional mempengaruhi golongan masyarakat yang
paling rentan," kata Bamsoet melalui pidatonya dalam sidang tahunan MPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/08/2020).

Untuk itu, Bamsoet menuturkan kalau negara sangat perlu untuk segera melakukan pemulihan ekonomi nasional agar perlahan dapat bangkit dari dampak pandemi corona.

Pasalnya, bila tidak segera diatasi akan menyebabkan sebuah efek domino resesi yang akan menyebar ke berbagai sektor di masyarakat.

"Mulai dari macetnya kredit perbankan hingga lonjakan inflasi yang sulit dikendalikan atau
sebaliknya deflasi yang tajam karena perekonomian tidak bergerak," tuturnya.

Bamsoet juga menyatakan sektor lain seperti neraca perdagangan akan menjadi minus
dan berimbas langsung pada cadangan devisa.

Dalam skala riilnya, beber Bamsoet dampak resesi terhadap sebuah negara adalah meningkatnya pengangguran, anjloknya pendapatan.

"Oleh karena itu saatnya kita bergotong royong terus mendukung kebijakan pemerintah yang telah melakukan langkah konkrit mendorong peningkatkan ekonomi sektor riil seperti memberikan kemudahan permodalan bagi pelaku usaha baik kecil maupun besar," bebernya.

Politisi Golkar tersebut juga mendorong pemerintah untuk mempersiapkan sejumlah langkah dan strategi untuk mencegah terjadinya efek domino akibat Covid-19.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan menghadapi pandemi corona secara bersama dengan landasan gotong royong.

"Dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan tetap optimis bahwa keadaan akan membaik," pungkasnya.

tag: #mpr  #bamsoet  #bambang-soesatyo  #dpr  #dpd  #corona  #pemulihan-ekonomi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Editorial

Musyawarah Mufakat, Aklamasi, Atau Voting

Oleh
pada hari Selasa, 02 Des 2014
DALAM setiap majelis atau perjamuan besar, pasti ada persoalan bersama yang dibahas. Dan, nantinya akan menjadi sebuah ketetapan bersama. Persoalan bersama itu antara lain membahas program kerja, ...
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

FMB Desak Pemerintah Tunda Pilkada 2020

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 22 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Ketua Pansus Pemilu Ferry Mursyidan Baldan (FMB) mengingatkan pemerintah untuk tidak memaksakan Pilkada serentak 2020 digelar tahun ini sampai ada kepastian pandemi ...
Berita

Komite II DPD RI Gali Informasi Terkait RUU Penanggulangan Bencana

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komite II DPD RI menilai ada beberapa permasalahan terkait draft RUU tentang Penanggulangan Bencana. Secara umum, usulan perubahan dalam RUU tentang Penanggulangan Bencana ...