Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 27 Agu 2020 - 14:44:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Iis Edhy Prabowo Sebut Peran BMKG Kepada Masyarakat Tidak Hanya Soal Pencegahan Bencana

tscom_news_photo_1598511591.JPG
Anggota Komisi V DPR RI Iis Edhy Prabowo (Sumber foto : Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi V DPR RI Iis Edhy Prabowo mengatakan kalau peran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tidak hanya soal pencegahan bencana.

Menurutnya, posisi BMKG disini memiliki peran untuk memberi solusi kepada masyarakat karena BMKG memiliki peran sebagai sumber informasi masyarkat seputar potensi bencana.

"Peran serta BMKG tidak hanya soal pencegahan tapi juga solusi, BMKG juga diharapkan bisa memberikan solusi kepada masyarakat dengan memberi peran serta merta kepada masyarakat karena BMKG itu sumber informasi untuk masyarakat seputar daerah bencana," kata Iis ketika Komisi V DPR RI melakukan RDP dengan BMKG, BNPP, dan BPWS, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/08/2020)

"Hal tersebut, terutama tempat tempat yang rawan terjadi bencana," sambungnya.

Politsi Gerindra tersebut menuturkan kalau BMKG juga memiliki peran strategis ditengah kebutuhan masyarakat akan informasi seputat bencana.

Informasi yang diberikan oleh BMKG kepada masyarakat juga berfungsi sebagai nilai tambah untuk membantu masyarakat menghindari bencana.

"Saya melihat Pada UU 31 No 2009 tentang BMKG, bahwa BMKG disini memiliki peran strategis yang dapat dimanfaatkan sebagai nilai tambah di berbagai sektor dan meningkatkan keselamatan jiwa," tuturnya

Politisi yang berasal dari Dapil II Jabar (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandunh Barat) tersebut juga menanyakan apakah BMKG memiliki wewenang untuk memberikan rekomendasi apakah suatu bangunan layak atau tidak untuk beroperasi di tempat tertentu.

Iispun memberikan contoh ketika satu perusahaan di dapilnya bisa mendirikan bangunan di daerah rawan banjir tapi para petani dilarang oleh Pemda setempat untuk bertani disitu.

"Ketika para petani dilarang oleh Pemda untuk bertani disitu karena ada pembukaan lahan tapi kenapa ada perusahaan besar disitu diperbolehkan dengan begitu besarnya hal tersebut justru akan lebih berdampak kepada masyarakat," tandasnya.

Atas dasar tersebutlah, menurut Iis kalau BMKG perlu hadir ditengah masyarakat tidak hanya untuk memberikan informasi seputar pencegahan tapi juga memberi solusi pada masyarakat.

tag: #dpr  #komisi-v  #bmkg  #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Soal Wacana Vaksin Mandiri, Aleg PDIP: Harus Dilihat Dari Perspektif yang Tepat

Oleh Yoga
pada hari Jumat, 22 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-  Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen mengatakan, opsi pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk vaksin mandiri, harus dilihat dalam persepektif yang ...
Berita

PKS: Pemerintah Harus Cermat dalam Mengelola Komponen Cadangan Pertahanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 3 tahun 2021 tentang pelaksanaan UU RI No. 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan ...