Oleh Rihad pada hari Selasa, 22 Sep 2020 - 20:52:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Ratu, Perdana Menteri, dan Jenderal Sunda Empire Dituntut 4 Tahun

tscom_news_photo_1600782731.png
Terdakwa Sunda Empire (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tiga petinggi Sunda Empire akhirnya dituntut empat tahun penjara. Jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Suharja menyatakan, ketiga terdakwa secara meyakinkan melakukan kebohongan sehingga bisa merusak keharmonisan masyarakat adat Sunda. ”Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara masing-masing empat tahun penjara. Akibat perbuatannya telah menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat Sunda. Karena telah mengotori dan mengusik keharmonisan masyarakat khususnya masyarakat Sunda,” kata Suharja di Pengadilan Negeri Bandung, seperti dilansir dari Antara, Selasa (22/9).

Tiga terdakwa petinggi kekaisaran fiktif itu yakni Nasri Banks sebagai perdana menteri, Raden Ratna Ningrum sebagai ratu, dan Raden Rangga Sasana sebagai sekretaris jenderal. Jaksa memastikan narasi tentang kekaisaran Sunda Empire yang dilontarkan para terdakwa itu merupakan kebohongan.

Terlebih lagi, tidak ada sumber sejarah yang mencatat eksistensi kekaisaran fiktif itu. Pihak kuasa hukum ketiga terdakwa menyatakan, para terdakwa bakal menyampaikan pembelaan dalam persidangan selanjutnya.

Kasus berita bohong terkait Sunda Empire itu sudah berlangsung sejak Januari. Pada saat itu, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat menetapkan tiga petinggi kekaisaran fiktif itu jadi tersangka. Pengusutan kasus itu, juga berawal dari adanya laporan dari Majelis Adat Sunda yang keberatan tentang narasi Sunda Empire. Akhirnya polisi memeriksa sejumlah saksi, termasuk tiga tersangka tersebut.

tag: #pasundan  #sunda-empire  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...