Oleh windarto pada hari Minggu, 18 Okt 2020 - 15:26:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Angkat Kisah 100 Tahun Lalu, Film Batik Haji Bilal Kembali di Rilis

tscom_news_photo_1603009599.jpeg
Selain sudah di film kan, kisah tentang Haji Bilal sebelumnya juga sudah dibukukan (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebuah film pendek mewarisi kenangan episode-2 baru saja rilis bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2020.

Film tersebut dirilis melalui akun Instagram @lawasanbatik serta dapat disaksikan melalui kanal Youtube @lawasanbatik.

Film pendek dokumenter berdurasi 13 menit itu mengangkat kisah 100 tahun lalu. Isinya bercerita tentang ketekunan seorang pengusaha batik dari Yogyakarta bernama Raden Haji Bilal Atmojoewana yang mendirikan firma batik sejak 1912.

Berbeda dengan episode awal, episode ke-2 film ini lebih banyak mengulas tentang karya-karya batik kuno, lengkap dengan dokumentasi foto, label dan katalog batik tempo dulu. Selain itu tersaji pula kisah generasi penerusnya.

Elok Setiawardani selaku penggagas akun Instagram @lawasanbatik sekaligus yang memproduksi film ini mengatakan, episode ke-1 telah dirilis Juli 2020.

“Tujuan produksi film ini untuk menigkatkan kecintaan dan pemahaman masyarakat kepada batik dengan cara kekuatan bercerita (storytelling),” ujarnya dalam keterangan resminya, Ahad, (18/10/2020).

Menurutnya dengan kekuatan cerita diharapkan batik menjadi bahan perbincangan serta sumber inspirasi untuk terus berkarya, melahirkan ide segar bagi semua kalangan, termasuk generasi milenial. Dengan begitu batik menjadi industri kerajinan yang mampu beradaptasi dan bertahan bahkan di kala pandemi.

“Film ini diharapkan bisa melengkapi dokumentasi sejarah batik Indonesia. Perlu banyak literasi dan sumber dokumentasi di balik goresan mahakarya adiluhung sebuah batik,” tandasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Teropong Public Relation Award 2020
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Wisatawan ke Yogya Harus Bawa Keterangan Sehat

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 25 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wisatawan yang akan berkunjung Kota Yogyakarta harus membawa keterangan sehat. “Silahkan berkunjung ke Yogyakarta, tetapi pastikan bahwa anda dalam kondisi yang sehat. ...
Berita

Akademisi UBK Ini Sebut UU Cipta Kerja Menjebol UUD 1945

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Akademisi Hukum dari Universitas Bung Karno (UBK) Azmi Syahputra menilai, tujuan UU Cipta Kerja yang disahkan 5 Oktober lalu, niatnya baik. Menurutnya, jika ...