Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 13 Jan 2021 - 12:35:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Listyo Calon Tunggal Kapolri yang Dikirim Jokowi

tscom_news_photo_1610516112.jpg
Listyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Sekretaris Negara Pratikno hari ini, Rabu (13/1/2021) telah menyerahkan satu nama tunggal calon Kapolri yakni Listyo Sigit Prabowo kepada DPR.

Listyo sebelumnya juga memang santer disebut sebagai calon kuat Kapolri dibandingkan empat nama calon lainnya yang dikirimkan oleh Kompolnas kepada Presiden Joko Widodo.

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Lityo Sigit Prabowo," kata Ketua DPR Puan Maharani di Gedung Nusantara III DPR, Rabu (13/1/2021).

Sebagaimana diketahui, Listyo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Semasa menjabat sebagai Kabareskrim Polri, mantan Ajudan Presiden Jokowi ini memiliki beberapa prestasi.

Diantaranya adalah mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, menangkap buronan Joko S Chandra di Malaysia, dan lain sebagainya.

Listyo dikenal cukup dekat dengan Jokowi. Bagaimana tidak, saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Listyo menjabat sebagai Kapolres Solo.

Lalu ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012 silam, pria kelahiran 5 Mei 1969 itu menempati posisi Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri.

Yang menegaskan kedekatan mereka adalah ketika Jokowi menjadi Presiden RI pada 2014 lalu. Kala itu, Listyo diangkat menjadi ajudannya Jokowi.

Setelah mendampingi kegiatan Jokowi selama dua tahun, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 ini kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Banten.

Selang dua tahun menjadi Kapolda Banten, pangkatnya dinaikan dari Brigadir Jenderal ke Inspektur Jenderal sekaligus menempati jabatan Kadiv Propam Polri dan kemudian menjadi Kabareskrim Polri.

Saat ini Listyo resmi menjadi calon tunggal Kapolri yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement