Oleh Rihad pada hari Rabu, 24 Feb 2021 - 19:36:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Program Pertamina Peduli Bantu Kekosongan Stok Darah

tscom_news_photo_1614170161.jpg
Donor darah Pertamina (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pandemi corona COVID-19 membuat pendonor di Kota Jayapura berkurang. Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jayapura menuturkan pandemi corona menyebabkan pendonor di Kota Jayapura berkurang hingga 40-60 persen. "Karena minim pendonor saat ini, biasanya pasien yang membutuhkan darah, dapat mencari donor pengganti dari keluarganya sendiri," kata Rustan, di sela-sela kegiatan donor darah PT Pertamina (Persero) MOR VIII Maluku Papua, Rabu (24/2).

Biasanya dalam sebulan, Kota Jayapura bisa mengumpulkan 1.400 kantong donor darah, itu pun sebelum pandemi corona menyerang. Tapi saat ini, kantong darah dari pendonor hanya mampu terkumpul 600-700-an.

Rustan menyebutkan idealnya Kota Jayapura dalam sebulan memerlukan 800-an kantong donor darah. "Sebelum pandemi corona, Kota Jayapura memiliki ketersediaan kantong darah yang cukup, sehingga kami biasa membantu bagi pasien yang memerlukan darah hingga ke pegunungan Papua atau daerah lainnya," katanya.

Ia berharap seluruh komponen masyarakat di Kota Jayapura, baik swasta dan BUMN, dan ASN, serta TNI Polri dapat kembali menggiatkan aksi donor darah seperti biasa, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dalam hal ini.

Pejabat sementara Executive General Manajer PT Pertamina (Persero) MOR VIII, Novriantari menjelaskan kegiatan donor darah dilakukan pada 3 lokasi. Selain di kantor Pertamina, donor darah dilaksanakan di Fuel Terminal Jayapura dwn di DPPU Sentani.

“Kegiatan ini akan diikuti seluruh wilayah operasi Papua Maluku. Ini adalah amanah perusahaan yang mempunyai misi sosial dan kemanusiaan untuk masyarakat sekitar dan di wilayah operasi. Kami juga akan rutin melaksanakan kegiatan ini per triwulan,” jelas Novriantari.

Bernardo Tobing selaku dokter yang bertugas di Pertamina MOR VIII menambahkan target donor darah yang dilakukan di tengah pandemi tak seperti sedia kala. Ia menyebutkan, biasanya setiap kali Pertamina melakukan aksi donor darah, bisa memperoleh 100-150 kantong darah. “Tapi dengan donor darah yang dilakukan internal ini, kami menargetkan 30-50 kantong darah dan jika melebihi jumlah itu, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pendonor,” ujarnya.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Prudential Syariah Segera Lakukan Spin Off

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 11 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Unit Usaha Syariah (UUS) PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia Syariah siap melakukan melakukan spin off atau melepaskan diri dari perusahaan induk. Untuk ...
Bisnis

Pemerintah China Denda Alibaba Rp40 Triliun Akibat Langgar Undang-undang Anti Monopoli

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah China menjatuhkan denda terhadap Alibaba sebanyak 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp40 triliun), setelah penyelidikan menemukan pelanggaran undang-undang ...