Oleh Rihad pada hari Senin, 05 Apr 2021 - 22:28:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Penjelasan Dirut Pertamina soal Kebakaran Kilang Balongan di Depan DPR

tscom_news_photo_1617636486.jpg
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan tentang kebakaran kilang Balongan Indramayu pada 29 Maret 2021 di depan anggota DPR.

Ia menyatakan bahwa kebakaran terjadi di empat tangki T301 E, F, G dan H. Adapun di masing-masing tangki memiliki kapasitas tampung sebanyak 26.000 kilo liter (KL) di area seluas 2 hektare (ha).

Total area kilang balongan mencapai 260 ha dengan area yang sudah memiliki bangunan sebanyak 180 ha.

"Saat kejadian, tangki G terdapat 23.000 pertalite, sedangkan tangki yang lain kondisinya kosong. Jadi posisi terisi ada di tangki G saat terjadi insiden di 29 Maret 2021 pukul 00.57 WIB," ungkap Nicke dalam RDP Panja Migas Komisi VII yang digelar Senin (5/4).

Pasca kebakaran, Nicke menekankan tidak ada kelangkaan supply dari Kilang Balongan, yang mana dari total 72 tangki dengan kapasitas 1,75 juta KL di area Kilang Balongan, hanya 4 tangki yang tidak beroperasi.

Alhasil, Pertamina memilih untuk mempercepat pengiriman dengan mengalirkan produksi dari kilang langsung ke terminal bahan bakar minyak (TBBM).

"Jadi kita supply ini ke Pelumpang, Cikampek dan area Indramayu itu sendiri, kita bisa by pass langsung ke TBBM," jelasnya.

Sebagai upaya recovery supply di Kilang Balongan, maka produksi di Kilang Balikpapan, Cilacap, Dumai dan TPPI Tuban ditingkatkan.

Pertamina tengah melakukan secondary processing dengan harapan Kilang Balongan bisa beroperasi normal di akhir pekan ini.

Sebagai informasi, Nicke menjelaskan kontribusi Kilang Balongan terhadap total produksi nasional mencapai 12%. Di mana semua produk dihasilkan baik gasoline (bensin), gasoil (solar), elpiji, hingga polypropylene.

Sebanyak 17 macam crude diolah di Kilang Balongan, di mana sebanyak 14 macam berasal dari domestik dan 3 dari impor.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Bisnis

Asuransi Astra Berhasil Raih Indonesia Branding Campaign of The Year 2021

Oleh windarto
pada hari Kamis, 15 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kampanye #MaskerTemanTuli telah sukses digelar pada bulan September 2020 yang lalu. Bantuan berupa 6.400 buah masker ramah Tuli serta bantuan sembako sebanyak 1.100 paket ...
Bisnis

Program Millenial Smartfarming BNI Kini Sasar Klaten

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melanjutkan dukungannya terhadap upaya mengakselerasi dan menggerakkan kehidupan perekonomian masyarakat khususnya di sektor ...