Oleh Aswan pada hari Jumat, 31 Des 2021 - 10:27:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Airlangga Hartarto Optimis Indonesia Bisa Penuhi Target Pertumbuhan Capai 5,2 Persen di Tahun 2022

tscom_news_photo_1640921228.jpg
Airlangga Hartarto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengaku optimis Indonesia bisa memenuhi target pertumbuhan ekonomi mencapai 5,2 persen di tahun 2022.

Keyakinan Airlangga tersebut, selain merujuk pada penanganan pandemi Covid-19 di dalam negeri, juga didukung berbagai indikator ekonomi yang mencatatkan pemulihan hingga akhir 2021.

“Pengendalian pandemi menjadi kunci untuk pemulihan ekonomi, dan Pemerintah optimis di tahun 2022. InsyaAllah pertumbuhan ekonomi bisa didorong ke 5,2 persen,” kata Airlangga Hartarto dalam Penutupan Perdagangan BEI Tahun 2021, dikutip pada Jum"at (31/12/2021).

Perbaikan di sektor riil ini juga didukung dengan perbaikan di sektor keuangan. Ini salah satunya ditunjukkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meningkat hingga mencapai level 6.500 menjelang akhir tahun ini.

Sebelumnya pada 22 November 2021, pertumbuhan IHSG sempat menembus rekor baru yakni di level 6.723,39.

Untuk return di pasar modal Indonesia juga bisa mencapai 10 persen ytd. Seiring naiknya IHSG, nilai tukar rupiah juga terapresiasi kembali mendekati level pra pandemi.

Dalam rangka mendukung pengembangan pasar modal, tarif PPh Badan telah diturunkan menjadi sebesar 22 persen sepanjang 2021.

Selain itu, Pemerintah juga telah memberikan insentif tarif PPh Badan yang lebih rendah, yakni sebesar 19 persen bagi Wajib Pajak Badan dalam negeri yang berbentuk Perseroan Terbuka.

Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan jumlah IPO di pasar modal Indonesia.

Pemerintah juga terus berkomitmen untuk memperbaiki iklim investasi Indonesia, salah satunya melalui implementasi UU Cipta Kerja.

"Selain itu, dalam sejarah Indonesia, kita akhirnya punya engine untuk long term investment yaitu Indonesia Investment Authority (INA), yang akan bisa mulai kerja di 2022,” ucap Menko Airlangga.

Tahun depan, Pemerintah juga masih akan melanjutkan Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dengan alokasi anggaran sebesar Rp 414 triliun yang terbagi untuk Klaster Kesehatan, Perlindungan Sosial, dan Dukungan Korporasi/Usaha.

87 Persen Pelaku Bisnis RI Pede Pendapatan Meningkat pada 2022

Sebelumnya, di penghujung tahun, Grant Thornton kembali mengeluarkan laporan tahunan Grant Thornton International Business Report (IBR) untuk menggambarkan persepsi pelaku bisnis global termasuk Indonesia terhadap perkembangan bisnis dan ekonomi selama 12 bulan ke depan.

CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan 2021 ini merupakan tahun yang cukup berat bagi Indonesia, di mana pemerintah Indonesia harus menangani pandemi Covid-19, namun secara bersamaan juga harus tetap menjaga pertumbuhan ekonomi.

Penyelesaian pandemi Covid-19 merupakan kunci dalam pemulihan ekonomi nasional.

Bank Indonesia (BI) sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 akan mencapai 4,7 persen hingga 5,5 persen atau lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun ini yang tumbuh 3,4 persen hingga 4 persen.

Memasuki tahun 2022, pelaku bisnis Indonesia memandang optimis 12 bulan ke depan.

Dalam laporan tahun ini memaparkan 87 persen pelaku bisnis Indonesia optimis pendapatan (revenue) akan meningkat selama 12 bulan ke depan.

"Angka ini sangat menggembirakan karena menempatkan pelaku bisnis Indonesia di peringkat 1 secara global, diikuti Vietnam (82 persen) dan India (80 persen)," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 29 Desember 2021.

Laporan terbaru IBR Grant Thornton juga menunjukkan adanya peningkatan signifikan untuk ekspektasi pelaku bisnis terkait sektor ekspor (72 persen) dan laba (profitability) bisnis mereka akan meningkat pada tahun 2022.

Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-3 dan ke-2 secara global.

“Meski belum pulih sepenuhnya, namun optimisme meningkatnya pertumbuhan ekonomi 2022 dapat kita lihat dari daya beli masyarakat dan geliat perekonomian yang semakin membaik sejak kuartal III lalu.," kata dia.

tag: #airlangga-hartarto  #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement