Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 31 Jan 2023 - 12:58:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Idrus Marham: Indonesia Negara Demokrasi Tapi Tak Dibenarkan Caci Maki Presiden

tscom_news_photo_1675144787.jpg
Idrus Marham (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Penasihat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Idrus Marham menilai, penyelenggaraan diklatnas latihan manajemen dakwah (LMD) ke-3 atas kerjasama Lemhannas dengan BKPRMI berada dalam rel yang benar dan dilakukan pada momentum yang tepat.

Hal itu menurut Idrus karena dilakukan pada saat kehidupan kebangsaan berjalan kurang kondusif, yang ditandai dengan mengemukanya berbagai intrik dan fitnah politik antar-elit dan anak bangsa. Setiap hari muncul caci maki kepada pemerintah, tidak terkecuali terhadap Presiden Jokowi juga.

‘’Ini sangat memprihatinkan dan menyesakkan dada. Masak presiden dicaci maki dengan berbagai lebel yang macam-macam dan tidak pantas kalua saya sebutkan satu persatu. Ibaratnya caci maki iterhadap pemerintah dan presiden sudah tidak mengindahkan nilai-nilai yang patut, seperti kehidupan di hutan rimba yang tak mengenal norma-norma yang ada,’’ kata Idrus saat memberikan ceramah di Gedung Lemhannas, Jakarta, Senin (30/1) sore.

Padahal, prestasi Presiden Jokowi cukup membanggakan dan dipuji-puji dunia internasional. Pada KTT G-20 yang lalu, Presiden Jokowi dielu-elukan oleh pemimpin bangsa lain, masak di dalam negeri malah dihina, dikatain seperti firaun, dajjal, Thogut, dan berbagai sebutan negatif lainnya yang cenderung menghina dan tidak mengindahkan nilai moral. Idrus tidak rela Presiden Jokowi dicaci maki tak karuan.

"Untung saja presiden kita orangnya sabar dalam menyikapi berbagai cacian makian ini. Idrus mengatakan, kritik yang ditujukan kepada Presiden Jokowi sudah bukan lagi kritik yang sehat tetapi sudah berubah jadi ujaran kebencian. Kebebasan menyatakan pendapat yang dijadikan topeng untuk menyerang presiden sudah kebablasan. Saya nggak rela presiden kita dicacai maki ngga karuan,’’ kata Idrus Marham.

Menurut dia, kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat dalam demokrasi harusnya tetap disertai dengan tanggung jawab. Harus dalam tata nilai yang bagus, tidak liar seperti di hutan rimba. Jika pun ada kebijakan yang tidak pas, marilah dibicarakan dengan baik, dikomunikasikan secara santun sesuai budi daya luhung yang diajarkan oleh nenek moyang kita.

Penyampaiannya harus sesuai tata nilai yang ada serta lewat saluran yang tepat.
Politisi Golkar ini berharap Lemhannas terus mengadakan kegiatan seperti Diklatnas LMD BKPRMI. "Lemhannas bersama BKPRMI betul-betul konsen ingin menjadikan lembaga ini mampu memberikan legitimasi akademik dan konseptual terhadap masalah-masalah kebangsaan. Saya berharap lembaga ini mampu menginspirasi bagi terciptanya sebuah tradisi politik yang demokratis,’’ ujarnya.

Tradisi demokratis itu, tutur Idrus, memberi ruang kepada semua anak bangsa untuk bersaing secara kualitatif, dengan menjadikan ide dan gagasan sebagai instrumen politik. Menurut dia, produktivitas politik hanya dapat dicapai apabila semua pihak konsisten menjadikan ide dan gagasan sebagai instrumen utama.

“Tidak ada produktivitas dalam dunia politik apabila dikembangkan melalui fitnah, melalui hoax, dan intrik-intrik politik dan fitnah. Bukan itu caranya,’’ tegas Idrus Marham.

Dalam ceramahnya, Idrus juga mengapresiasi Lemhannas yang serius menjaga kondusifitas bangsa. Salah satunya bersama BKPRMI menggelar Diklatnas Latihan manajemen dakwah (LMD) ke-3 dari 29 Januari hingga 5 Pebruari 2023. ‘’Saya sampaikan apresiasi kepada Lemhannas dan BKPRMI yang mengadakan Diklatnas dengan peserta para Ketua DPW BKPRMI se-Indonesia yang jumlahnya ratusan orang, ini sangat luar biasa," kata Idrus.

tag: #idrus-marham  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...