Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 28 Jun 2015 - 19:03:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Menaker Akui Banyak Tenaga Kerja Illegal China Masuk Indonesia

22MENAKER_KOMISI_IX_7.jpg
Menaker Hanif Dhakiri (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

TEROPONGSENAYAN (JAKARTA)--Banjirnya tenaga kerja kasar illegal asal China bukan isapan jempol. Bukan hanya di Bayah, Banten dan Papua namun juga disejumlah lokasi lain di tanah air. Kondisi ini tengah menjadi perhatian Kemenaker.

Bahkan Menaker Hanif Dhakiri tidak menampik banyak tenaga kerja asal China yang ilegal masuk ke Indonesia. Yang terbaru, ia mengaku telah mendeportasi para pekerja tambang asal China yang berada di Kalimantan Selatan.

Baca juga :Menaker Hanif Siap Deportasi Pekerja Illegal Asal China

"Untuk tenaga kerja illegal langsung saya deportasi. Seperti Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu," ujar Menaker Hanif Dhakiri kepada TeropongSenayan, Sabtu malam (27/6/2015) di di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat.

Baca juga :Tenaga Kerja Kasar China Serbu Indonesia, Ini Janji Komisi IX

Baca juga :Komisi IX: Tenaga Kerja dari Luar Negeri Harus Bisa Bahasa Indonesia

Menaker Hanif mengungkapkan pihaknya tegas menegakkan aturan ketenagakerjaan. Sebab, hal ini menyangkut bukan saja dengan aturan main namun juga terkait dengan lapangan pekerjaan di dalam negeri.

Seperti diketahui sejak beberapa waktu lalu tenaga kerja kasar asal China datang bergelombang ke Bayah, Pandeglang, Banten. Selain itu juga ada yang berdatangan ke Papua. Jumlahnya mencapai ribuan.

Baca juga :Dede Yusuf: Pekerja Asing tak Punya Kualifikasi, Lebih Baik dari Negeri Sendiri

Disayangkan umumnya mereka adalah pekerja kasar alias tidak terdidik. Bahkan juga tidak bisa berbahasa Indonesia. Mereka dipekerjakan pada proyek pembangunan industri yang sedang berlangsung di daerah tersebut.(ris)

tag: #menaker  #buruh  #sholat jumat  #tenaga kerja china  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...