Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Senin, 05 Okt 2015 - 15:25:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi III Beberkan Temuan Pasca Sidak Lokasi Tambang di Lumajang

57tambang-pasirbesi.jpg
Aktivitas panambangan pasir (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi III melakukan inspeksi mendadak (Sidak) selama tiga hari ke lokasi penambangan di Lumajang yang dianggap memiliki kaitan dengan kasus terbunuhnya aktivis Salim Kancil.

Sidak tersebut dilakukan sejak tanggal 2 hingga 4 September 2015 kemaren.

Baca juga :Sebelum Bunuh Salim Kancil, Puluhan Warga Diisi Ilmu Kebal oleh Seorang Kiai

Wakil ketua Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan, sesampainya di Lumajang, pihaknya juga menyempatkan diri mengunjungi rumah Salim Kancil dan Tosan melalui pendampingan kepala desa setempat.

"Kita datang ke balai desa, kita juga mengadakan pertemuan dengan Kapolda (Jatim), Kapolres (Lumajang), Bupati, dan pimpinan DPRD kabupaten Lumajang. Hasil pertemuan komisi III bahwa memang ada ilegal mining yang telah lama beroperasi disana. Itu diketahui oleh pemda setempat," kata Benny di gedung DPRRI, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Selain itu, Benny mengungkapkan, pihaknya menyimpulkan ada proses pembiaran yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap berlangsungnya ilegal mining.

"Apakah penegak hukum tahu bahwa ada ilegal mining, tapi tidak mengambil tindakan, itu jelas-jelas tindakan pelanggaran hukum," ungkapnya.

Politisi Demokrat itu juga menyampaikan adanya dugaan kuat keterlibatan oknum kepolisian dan Pemda serta DPRD setempat terhadap berjalannya ilegal mining di Lumajang. Oleh sebab itu, cetus Benny, Komisi III merekomendasikan kepada Kapolda supaya melakukan pengusutan secara tuntas terhadap pelaku ilegal mining.

"Tidak hanya berhenti pada proses hukum kepada kepala desa tapi juga harus melakukan pnyelidikan terhadap pihak-pihak yang selama ini diduga memback-up ilegal dan menjadi penadah. Info yang kita peroleh, penampungnya juga ada di Lumajang, tapi diduga kuat dilindungi oleh aparat penagak hukum," bebernya.(yn)

tag: #akitivis lingkungan  #salim kancil  #lumajang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global,  dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani ...
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...