Profil
Oleh Yunan Nasution pada hari Rabu, 14 Okt 2015 - 10:53:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Dalia Mogahed, Seorang Muslimah Penasehat Presiden Obama

24jubir-obama.jpg
Dalia Mogahed (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalia Mogahed, Penasehat Presiden Amerika Serikat Barack Obama Bidang Kerjasama Keyakinan & Lingkungan. Dia mantan Direktur Eksekutif the Gallup Center untuk kajian muslim.

Mogahed tak punya latar belakang pendidikan ilmu sosial maupun politik. Perempuan yang kini berusia empat puluh satu tahun itu merupakan insinyur kimia lulusan Universitas Wisconsin. Sementara gelar MBA dia peroleh dari Universitas Pittsburgh.

Meski demikian, sebagai seorang muslimah dia tahu bagaimana kehidupan pemeluk Islam. Dia juga kenal betul bagaimana masyarakat Timur Tengah. Pengetahuannya semakin bertambah dengan terlibat dalam berbagai penelitian tentang Islam.

“Pekerjaan saya fokus mempelajari Islam, cara mereka berpikir dan cara pandang mereka,” tutur Mogahed dikutip Al Arabiya beberapa waktu yang lalu.

Dari analisa-analisa itu, Mogahed memberikan data-data seputar kaum muslim, baik masalah maupun solusi. Dia juga mencoba meluruskan pandangan miring yang melihat Islam sebagai sumber masalah. “Sekarang kami ingin mengatakan bahwa muslim mampu memberikan solusi,” tutur dia.

Tak hanya di dalam negeri. Mogahed juga tersohor di luar negara. Dia mengepalai sejumlah organisasi dunia, termasuk Badan Agenda Global Forum Ekonomi Dunia (WEF). Dia menjadi Pemimpin Pemuda Global WEF.

Mulai 2010, Majalah Arabian Business empat kali menempatkan Mogahed sebagai salah satu perempuan Arab paling berpengaruh. The Royal Islamic Strategic Studies Centre memasukkan Mogahed dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh pada 2009 dan tahun berikutnya. Selain itu, banyak karya tulisnya yang diakui oleh dunia.(yn/berbagai sumber)

tag: #dalia mogahed  #obama  #presiden as  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Profil Lainnya
Profil

Nata Irawan, Anak Pasar yang Pernah Jadi Pj. Gubernur

Oleh Aris Eko
pada hari Jumat, 15 Sep 2023
TEROPONG SENAYAN-- Lahir dari orang tua asal pelosok desa di Lampung dan lekat dengan kehidupan keras di pasar di Jakarta bukan menjadi halangan bagi remaja Nata Irawan meniti karir dan kehidupan. ...
Profil

Forum FIP-JIP dan Peta Jalan Pendidikan 318

Pada 9-11 November 2021, Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Forum Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) dari seluruh Lembaga Pendidikan ...