Profil

Melahap Durian Merah Banyuwangi Rizal Ramli Kembali Muda, Masak Sih?

Oleh Aris Eko pada hari Minggu, 10 Apr 2016 - 07:25:20 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

320160116_191906_1460247475983.jpg

Rizal Ramli (Sumber foto : Aris Eko)

BANYUWANGI (TEROPONGSENAYAN)--Melawat ke bumi Blambangan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Rizal Ramli kepincut durian merah. Tak tahan menahan keiinginan, Rizal melahap durian khas Banyuwangi itu saat di sodorin dihadapannya.

Menteri yang juga mantan aktivis mahasiswa 77/78 ini datang ke Banyuwangi, Sabtu (9/4/2016) saat membuka tiga kegiatan dalam Festival Banyuwangi 2016. Tiga kegiatan itu adalah Festival Kuliner yang mengangkat sego cawuk, Banyuwangi Art Week dan Agro Expo yang dipusatkan di Taman Blambangan.

Rizal Ramli mengaku mendapatkan pengalaman menarik di daerah berjuluk "The Sunrise of Java" itu. "Ini pengalaman yang pertama bagi saya makan durian merah di Banyuwangi. Rasanya enak, manis," katanya memuji saat makan durian didampingi Bupati Abdullah Azwar Anas.

Rupanya Rizal termakan promosi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Abdullah Azwar Anas mengatakan, durian merah ini buah khas Banyuwangi yang saat ini tengah menjadi buruan para pecinta kuliner buah durian. Harganya pun semakin mahal, bahkan bisa mencapai Rp250.000 per buah.

Selain rasa, katanya, durian merah ini memiliki khasiat yang layak diunggulkan. Tidak seperti durian berdaging putih yang kandungannya didominasi zat gula dan karbohidrat, durian merah mengandung banyak zat bermanfaat seperti serotonin yang bisa mengobati insomnia, juga afrodisiak, tifohormon, dan titosteron sebagai penambah stamina.

"Ada pula kandungan antosianin yang bisa mencegah penuaan dini," katanya. Khasiat inikah yang membuat Rizal kembali serasa kembali muda? Yang jelas Rizal yang kelahiran Padang, 10 Desember 1954 ini menikmati sekali saat makan durian merah berdaging tebal ini.

Pada kesempatan tersebut, Rizal juga menyaksikan diserahkannya sertifikat tanda daftar milik Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian sebagai tanda pengesahan dua varian durian merah asal Banyuwangi. Dua jenis durian merah asal Banyuwangi itu adalah Sunrise of Java (SOJ) dan Balqis.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebenarnya, durian merah Banyuwangi ada 25 varian yang bisa dikonsumsi. Dari berbagai jenis tersebut, yang terus dikembangkan ada 11 varian, namun yang menjadi idola adalah SOJ dan Balqis. Ini karena warna dagingnya yang sangat terang dan mencolok.

"Ketebalan dagingnya mencapai 16,5 milimeter dengan perpaduan rasa manis dan pahit yang pas di lidah. Aroma duriannya tidak setajam durian lain sejenisnya," katanya.

Untuk mengembangbiakkan durian merah yang langka ini, Pemkab Banyuwangi berencana membentuk sentra pengembangan durian di Kecamatan Songgon yang luasnya diperkirakan 50 hektare.

Usai makan durian, Menko Rizal pun langsung meninjau sejumlah stan yang memamerkan komoditas buah-bauhan lokal khas Banyuwangi. Tentu saja dengan energi dan semangat yang kembali muda dan membara. Masak sih?(ris/ant)

 

tag: #  

Bagikan Berita ini :