Bisnis

Laksanakan BBM Satu Harga, Pertamina Tak Minta Bantuan Swasta dan Asing

Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 31 Okt 2016 - 06:48:28 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

25wianda3.jpg

VP Corporate Communication PT Pertamina(Persero) Wianda Pusponegoro (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--PT Pertamina akan mengerjakan sendiri mandat Presiden Jokowi untuk melaksanaan BBM Satu Harga di seluruh tanah air tanpa meminta bantuan asing atau pihak swasta. Menurut VP Corporate Communication PT Pertamina(Persero) Wianda Pusponegoro, ini merupakan bentuk komitmen perseroan sebagai perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kita selama ini megerjakan sendiri, karena Pertamina sebagai BUMN yang paling berkomitmen mendistribusikan BBM sampai ke daerah-daerah terpencil. Jadi, kita tidak minta bantuan swasta atau asing. Kalau ada perusahaan lain, kita tidak tahu prioritasnya apa," kata Wianda di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Selama ini sebelum ada kebijakan BBM satu harga, proses distribusi BBM dilakukan sendiri melalui agen-agen Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia. Pertamina memastikan bahwa sebagai alat dan perusahaan milik negara, harus bisa menjangkau daerah-daerah yang memang belum terjamah BBM milik Pertamina.

"Kita sangat memastikan bahwa kita bisa masuk wilayah 3 T, yaitu terpencil, terjauh dan terluar, itu seperti di wilayah-wilayah perbatasan. Jadi, kemarin itu kita berhasil mempercepat penyaluran BBM, karena kita melakukan pengadaan untuk pesawat yang khusus angkut BBM," pungkas Wianda.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wianda juga menuturkan bahwa Pertamina siap menyambut kebijakan BBM satu harga seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2017. Hal tersebut lantaran pada dasarnya, tidak ada masalah di Pertamina dalam menyalurkan BBM hingga ke wilayah timur Indonesia. Menurutnya, harga BBM di Indonesia bagian timur, sudah sama dengan wilayah di Indonesia tengah dan barat.

Adapun untuk jenis bahan bakar yang harganya akan disamakan yakni untuk solar dan premium. Menurutnya, Pertamina tidak ada masalah untuk mendistribusikan BBM di Papua. "Kita pada intinya sangat support pemerintah dalam kebijakan tersebut. Karena sebetulnya di Papua pun enggak ada masalah untuk Pertamina (dalam pendistribusian BBM). Selama ini Pertamina sudah mengerjakan untuk soal distribusi Papua dan Papua barat," kata dia.(ris/dbs)

tag: #harga-bbm  #pt-pertamina  

Bagikan Berita ini :