Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 01 Agu 2017 - 14:43:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua FPKS: Impor Garam Jangan Rugikan Petani

74jazuli-pks.jpg
Jazuli Juwaini (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah memutuskan melakukan impor garam sebanyak 75 ribu ton. Langkah itu diambil akibat langkanya stok garam yang menyebabkan melonjaknya harga garam di pasaran.

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk menstabilkan harga garam. Tapi, menurutnya, semestinya pemerintah tidak serta merta mengambil kebijakan impor.

"Kaji dan inventarisir masalah secara cermat, mengapa terjadi kelangkaan garam. Jangan sampai ada permainan pihak-pihak tertentu yang menciptakan kondisi kelangkaan untuk mengeruk keuntungan dan merugikan petani garam kita," kata Jazuli kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Jazuli menegaskan, petani garam kita harus diproteksi agar tidak menderita kerugian akibat kebijakan importasi yang mudah saja dikeluarkan dengan dalih kelangkaan stok. Apalagi dalam waktu dekat akan memasuki masa panen garam. Kalau garam impor masuk, bisa jatuh harga garam petani.

"Cari dulu akar masalahnya sebelum memutuskan impor. Memang pemerintah harus menstabilkan harga tapi jangan melulu orientasinya impor, seolah semua masalah selesai dengan impor," tegasnya.

Kalaupun kebijakan importasi diambil, lanjut Jazuli, harus dipastikan tidak carut marut data stok garam dalam negeri.

"Saya dengar analisis di lapangan terkait berapa sebetulnya kebutuhan garam nasional belum clear betul. Artinya, belum didapat angka total stok garam nasional saat ini sehingga pemerintah bisa mendapatkan angka pasti supply and demand dari garam konsumsi. Maka, jangan buru-buru buka keran impor," jelasnya.

Pemerintah seharusnya bekerja keras menyerap garam petani, lalu selanjutnya giat mendorong dan mendukung optimalisasi produksi para petani garam dalam negeri, khususnya garam untuk konsumsi.

Menurut Jazuli Juwaini, sudah lama Fraksi PKS melalui Anggotanya khususnya di Komisi terkait menyoroti peningkatan peran dan dukungan pemerintah pada petani dan produksi garam nasional, terutama melalui perluasan lahan tambak skala ekonomi dan penggunaan teknologi pengolahan yang lebih baik.

Sebagai negara dengan garis pantai dan lautan yang luas semestinya kita bisa lebih optimal mengembangkan industri atau produksi garam nasional karena bagaimanapun hal itu menjadi keunggulan komparatif Indonesia dibandingkan negara lain.

"Ini soal mindset dan keberpihakan negara kepada petani dan industri garam. Dengan peningkatan luas tambak garam skala ekonomi dan teknologi pengolahan seharusnya kita bisa meningkatkan produksi garam baik secara kualitas maupun kuantitas untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," pungkasnya.(yn)

tag: #garam  #jazuli  #pks  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement