Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 15 Des 2017 - 14:41:14 WIB
Bagikan Berita ini :

KPAI Akan Panggil Penerbit Buku SD Sebut Yerusalem Ibu Kota Israel

25Retno-Listyarti.jpg
Retno Listyarti (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisioner KPAI Retno Listyarti menegaskan, pihaknya akan memanggil penerbit buku IPS kelas 6 SD yang memuat konten tentang Yerusalem adalah Ibu Kota Israel.

Pemanggilan itu diperlukan, lanjut dia, untuk mengumpulkan data dan penjelasan yang utuh dalam proses penyusunan buku hingga lolos penilaian buku IPS kelas 6 SD tersebut.

"KPAI berencana memanggil penerbit yudistira untuk dimintai keterangan pertama terkait kekeliruan dalam buku IPS SD tersebut. Pemanggillan dijadwalkan pada Senin, 18 Desember 2017 mendatang," ujar Retno di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Retno menilai, penulisan buku ajar yang ada kekeliruan isi bahkan substansi bukanlah kejadian pertama, hal serupa sudah terjadi kesekian kalinya.

"Ini menunjukkan lemahnya pengawasan terhadap buku-buku ajar, terutama buku SD. Mulai dari adanya konten kekerasan sampai pornografi, dan sekarang kekeliruan penulisan Ibukota Israel adalah Jerusalem," ungkapnya.

Retno menyebut pengawasam buku ajar mestinya menjadi kewenangan Pusbukur Kemdikbud RI. Oleh karena itu, KPAI akan meminta keterangan Kemdikbud terkhusus Pusbukur soal lolosnya buku ini.

"Jika dalam proses penilaian buku tersebut ada kelalaian Kemdikbud maka tentu saja Kemdikbud menjadi pihak yang bertanggung jawab," pungkasnya.(yn)

tag: #israel  #palestina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...