Bisnis
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 26 Mar 2015 - 17:26:31 WIB
Bagikan Berita ini :

KPU Akan Open Data Pilkada Serentak

39Logo KPU.jpg
Gedung KPU (Sumber foto : teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menekankan pentingnya pembukaan data dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar pada akhir tahun 2015.Keterbukaan data dapat mewujudkan pilkada yang demokratis yang mengundang partisipasi publik.

"Soal keterbukaan informasi sangat penting sekali. Terpenting adalah freedom information (kemerdekaan mendapat informasi)," ujar Ketua KPU Ferry Kurnia Rizkyansyah pada acara diskusi yang bertajuk "Menyongsong Pilkada Serentak Melalui Open Data" di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Freedom information ini sebenarnya sudah dipraktekkan oleh KPU pada pileg dan pilpres 2014 sebelumnya. Dan kini KPU pun siap mengadopsinya kembali untuk pilkada serentak.

Menurutnya, ada beberapa data yang harus dibuka ke publik seperti regulasi anggaran, kelembagaan, pelaksanaan dan hasil pemilu.

"(Freedom information) Yang telah dilakukan KPU seperti mulai dari mekanisme verifikasi partai politik, biodata calon data pemilih dan data TPS," jelasnya.(al)

tag: #Pilkada serentak  #open data  #keterbukaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement