Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 30 Jan 2018 - 20:58:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Becak di Kepulauan Seribu Akan Disulap Jadi Transportasi Wisata‎‎

55index.jpg
M Taufik saat berkeliling menyapa warga Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Jakarta,‎ Selasa (30/1/2018). (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang memperbolehkan becak beroperasi disambut baik masyarakat Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu.‎ Pasalnya, di pulau ini keberadaan moda transportasi roda tiga itu ternyata sudah beroperasi cukup lama.

Selain digunakan sebagai angkutan muatan barang di pelabuhan, becak juga menjadi andalan transportasi bagi wisatawan yang datang berkunjung.

"Ternyata di Pulau Kelapa ini banyak juga becak. Alhamdulillah, sekarang Pak Anies sudah membolehkan becak beroperasi, termasuk di Pulau Kelapa ini. Silahkan mengoperasikan becak seperti biasa untuk kebutuhan masyarakat," kata Ketua DPD Gerindra DKI, Mohamad Taufik disela-sela kunjungannya ke Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Selasa (30/1/2018).

Sebagai salah satu partai pendukung Anies-Sandi, kata Taufik, Partai Gerindra mendukung setiap kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil.

Apalagi, menurut dia, kebijakan Anies soal becak merupakan bentuk keberpihakan kepada masyarakat yang memang menggantungkan hidupnya dengan mengayuh becak.

"Jadi bapak-bapak disini yang punya becak silahkan rawat dan gunakan becaknya sebaik-baiknya untuk usaha. Karena, sekali lagi Pak Anies sudah membolehkan becak beroperasi," ucap Taufik.

Selain itu, Taufik mengatakan, kedepan keberadaan becak di Pulau Kelapa juga akan dimodifikasi menjadi kendaraan bagi wisatawan yang berwisata ke Pulau Kelapa.

"Becak bapak-bapak nanti akan dimodifikasi biar cakep, biar wisatawan semakin tertarik lagi datang kesini. Nanti jadi becak wisata," ungkapnya.‎

Wakil Ketua DPRD DKI menjelaskan, hal ini dilakukan sekaligus dalam rangka mensukseskan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata Nasional.‎

"Makanya, becak harus dibuat menarik. Ini berlaku di semua kampung yang ditentukan. Tentu, termasuk di Kepulauan Seribu ini," jelas Taufik.

Senada dengan Taufik, Sekretaris Gerindra DKI Husni Thamrin berharap, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies-Sandi lebih memperhatikan potensi wisata di Ibu Kota. Khususnya, potensi wisata pantai di Kepulauan Seribu.

"Saatnya Anies-Sandi berpikir bagaimana memberdayakan potensi wisata laut kita. Agar wisatawan yang kesini (Kepulauan Seribu) bisa meningkat lagi. Peluang ini harus dikelola dengan baik dan maksimal," ucap Thamrin.

Dengan begitu, lanjut dia, roda perekonomian warga nantinya akan berputar dan sekaligus berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang ikut terangkat. ‎
‎"Jika wisata pantai di pulau ini maju, maka dengan sendirinya ekonomi warga jalan. 'Tambah penghasilannya, bahagia warganya'," tandasnya.

Sementara itu, Syarif kembali menegaskan, hadirnya becak di Jakarta bukan berarti akan melintas di jalur-jalur protokol, tetapi diatur di kawasan tertentu dan mendapat izin resmi.‎

"Makanya, tidak usah gaduh. Karena becak tidak akan bebas berkeliaran, nanti ditata keberadaannya," katanya.

Ditemui terpisah, Ketua Panitia Bulan Bakti DPD Partai Gerindra DKI, dr Dian Pratama SpOG menjelaskan, bakti sosial berupa pemberian santunan kepada yatim piatu dan lansia ini tidak hanya dilakukan di Kepulauan Seribu. Tetapi juga di lima wilayah Jakarta. ‎

"Untuk hari ini, ada sebanyak 500 bingkisan sembako yang kita bagikan kepada warga Pulau Kelapa. Selain itu, kita juga memberikan santunan kepada anak yatim," ungkapnya.

Program ini, tambah Dian, akan terus dilakukan sebagai wujud nyata kepedulian Partai Gerindra kepada warga yang kurang mampu," ujar pria lulusan FK Unpad yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI itu. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Polda Tangkap Pelaku yang Keroyok Polisi

Oleh Rihad
pada hari Rabu, 21 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Polda Metro Jaya meringkus tiga orang pemuda lantaran mengeroyok seorang personel Polri yang berinisial AJS pada ricuh unjuk rasa Kamis (8/10). "Pelaku pengeroyokan ...
Berita

Penggelontoran Bansos Turut Dongkrak Kepuasan Masyarakat kepada Jokowi-Ma'ruf.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan 66 persen penduduk puas dengan kinerja Joko Widodo- Ma"ruf Amin. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ...