Lampung
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 28 Apr 2018 - 09:44:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Pencanangan Lampung Barat Sebagai Kabupaten Literasi

20IMG-20180428-WA0000.jpg
Parosil Mabsus (Sumber foto : Istimewa)

LIWA (TEROPONGSENAYAN)--Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus akan mencanangkan gerakan literasi lambar dan menjadikan Lampung Barat (Lambar) sebagai kabupaten Literasi pada hari selasa dan Rabu depan, tanggal 1-2 Mei 2018 di Balik Bukut, Liwa, Lampung Barat dengan tema "Literasi untuk kesejahteraan Rakyat".

Rencananya, acara ini akan dihadiri dan dibuka langsung Kepala Pepusnas Syarif Bando, Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno dan Ibu Ariani Jalal, selaku perwakilan Kantor Kepala Staf Kepresidenen RI.

"Kita serius soal ini (literasi). Disahkan nya Peraturan Bupati (Perbup) no 19 tahun 2018 bukti dari keseriusan itu. Harapan saya, literasi lambar melahirkan generasi baru yangcerdas, inovatif, mandiri, berwawasan luas dll," ujar pria yang kini akrab disapa Bupati Kopi itu.

Menurut Parosil, gerakan literasi menjadi sarana advokasi dan edukasi untukmeningkatnya kemampuan sumber daya manusia Lambar. Dan Hal tersebut berkorelasi terhadap peningkatankesejahteraan rakyat. Rakyat yang cerdas, inovatif, berpengetahuan dsb menjadi basis material mewujudkan cita-cita tersebut.

"Membaca akan memperkaya pengetahuan dan referensi petani terkait kopi dan varian pendukung nya. Begitupula dengan menulis, petani kopi sukses akan mencatat dan membagikan pengalaman nya merawat kebun dengan baik dan sebagainya," tegasnya.

Selanjutnya, Parosil Mabsus selaku pemimpin mengharapkan doa, dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar cita-cita tersebut dapat segera terwujud.

Menurutnya, untuk mewujudkan lambar kabupaten literasi bukan lah pekerjaan mudah yang dilakukan segelintir orang saja. Dimana, penerapan filosofi beguai jejama melalui kerja nyata bersama merupakan fondasi untuk mewujudkan nya.

"Ingat dan catat, kabupaten literasi tak kan lahir dari kerja-kerja sporadis yang individualistik. Tapi melalui sinergiitas pemerintah dan rakyat nya. Berbentuk kerja nyata yang terukur berlandaskan perencaan, monitoring dan evaluasi berkelanjutan," tambah nya.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Natadjudin Amran yang didampingi Kepala PerpusdaSaripan Halimmengatakan,pencanangan lambar sebagai kabupaten literasi ini akan dijadiri ribuan pesertayang berasal dari kabupaten/kota se Provinsi Lampung dan daerah sekitar nya (Jakarta, Bandung dll). Danmenghadirkan pengisi acara/Pembicara top tingkat nasional maupun lokal dengan segudang pengalaman dan raihan prestasi.

"Pembicara sudah fiks. Mereka menyatakan kehadiran nya. Ada penulis, penggiat literasi, putri buku, peraih award dan lain sebagai nya. Ayo datang dan meriahkan acara," ujar Nata.

Berikut susunan acaraPencanangan Lampung Barat Sebagai Kabupaten Literasi:

Tema
“Literasi untuk Kesejahteraan Rakyat”

Waktu dan Tempat
Selasa & Rabu, 1-2 Mei 2018
Bumi Perkemahan Kubu Perahu dan GOR Aji Saka Liwa Lampung Barat

Pengisi Acara:
M Syarif Bando (Kepala Perpusnas)
Didik Suprayitno (Pjs. Gubernur Lampung)
Parosil Mabsus (Bupati Lampung Barat)
Ariani Jalal (Kantor Staf Kepresidenan)
Ahmadi Sumaryanto (DPRD Prov Lampung)
Ester Indahyani Yusuf (Penulis Buku, Peraih Penghargaan Yap Thiam Hien Award 2001)
Adi Wicaksono T Prarjeka (Grider Kopi Nasional-Literasi Kopi)
Udo Karzi (Penulis dan Budayawan Lampung)
Eni Amalia(Ketua Forum Literasi Lampung).
Partinia (Bunda Literasi Lampung Barat).
Yusmalasari A Dhuarsa (Putri Buku Indonesia 1996)
Isbedy Stiawan (Sastrawan dan Budayawan Lampung)
Sugeng Hariyono (Motor Pustaka)
Zonizar (Komunitas Tanggamus Membaca).(yn)

tag: #pilgub-lampung-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lampung Lainnya
Lampung

Ini Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Terpilih Pemilu 2019

Oleh Fitriani
pada hari Minggu, 05 Mei 2019
BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota ...
Lampung

Lampung Barat Segera Punya Sekolah Kopi Tahun Depan

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun depan mulai membangun sekolah kopi, karena untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional perkopian. Pembangunan sekolah ...