Bisnis
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 14 Apr 2015 - 18:28:29 WIB
Bagikan Berita ini :

BNP2TKI Akui Ada Masalah Soal Dana Asuransi TKI

41Nusron Wahid 1.jpg
Kepala BNP2TKI Nusron Wahid (Sumber foto : teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid mengakui ada masalah mengenai dana asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Saat ini memang ada informasi yang tidak utuh, mengenai pembiayaan. Di Indonesia dan luar negeri antara majikan dan TKI sama-sama mengeluarkan biaya tapi tidak jelas dana tersebut ke mana," kata Nusron usai gelar rapat dengan komisi IX DPR, Selasa (14/4/2015).

Dengan begitu, kata Nusron, tugas pemerintah adalah mengurangi informasi yang tidak simetris dengan membuka semua informasi, sehingga majikan dan pekerja seimbang.

"Karena tidak jelas, maka biaya ini ditanggung siapa, antara TKI dan majikan masih di mintai pembayaran asuransi. Ini yang membuat kasus penganiayaan untuk para TKI dengan majikan terjadi, karena majikan beranggapan mereka sudah membayar asuransi tetapi kerja TKI masih kurang maksimal, dan sebaliknya para TKI juga seperti itu," ungkapnya.

Nusron mengaku ke depannya akan meningkatkan kerjasama antar lembaga asuransi dalam negeri dan luar negeri.

"Kita akan melakukan kerjasama dengan pihak asuransi luar negeri agar tidak menjadi dobel pembayaran baik untuk TKI dan majikan," tuturnya.(al)

tag: #Asuransi TKI  #BNP2TKI  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement