Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 23 Jun 2018 - 14:46:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Petani Bawang Raup Untung Rp 10 Miliar

19pedagang-bawang-merah_20160511_192257.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BANTUL (TEROPONGSENAYAN)--Kelompok tani di Pedukuhan Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta, meraup keuntungan dari budi daya tanaman bawang merah lebih dari Rp 10 miliar pada musim panen Juni.

Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Imogiri Muslih Sawiji mengatakan, keuntungan lebih dari Rp 10 miliar itu dihitung dari penjualan bawang merah hasil panen dikurangi biaya beli benih, biaya tanam, dan perawatan hingga panen.

"Kemarin beli benih bawang di Brebes, Jawa Tengah, untuk seluas 105 hektare ini hampir sebesar Rp 3 miliar, kemudian biaya tanam, perawatan dan air sekitar Rp 1 miliar, sementara panen ini sudah dibeli sekitar Rp16 miliar," katanyadi Bantul, Sabtu (23/6/2018).

Dengan demikian, kata dia, jika ditotal biaya budi daya bawang merah seluas 105 hektare mulai dari benih hingga panen kurang lebih dua bulan mencapai Rp 4 miliar, sementara bawang hasil panen dibeli sekitar Rp 16 miliar.

"Untuk benih bawang merah kami memang mendatangkan dari Brebes karena kalau mengambil dari daerah Bantul kurang, dalam setahun petani di Nawungan ini bisa menanam bawang merah dua kali," katanya.

Ia menjelaskan, keuntungan dari penjualan panen bawang merah kelompok tani di Nawungan Selopamioro ini tidak lepas dari hasil panenan pada musim ini yang berkualitas, hal itu karena petani Nawungan menerapkan pertanian organik.

"Produktifitas panen bawang merah di Nawungan ini rata-rata sekitar 12 ton per hektare, dan inilah bawang Bantul. Meski dibudidayakan di dataran tinggi, namun hasilnya bagus, air tidak ada masalah," katanya.(yn/ant)

tag: #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...