Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 31 Jul 2018 - 11:31:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Lagi, KPK Panggil Bos PLN

80sofyan-basir.jpg.jpg
Sofyan Basir (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil kembali Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (31/7/2018) mengatakan, penyidik KPK akan memeriksa Sofyan Basir sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo terkait kasus suap terkait pembangunan PLTU Riau-1.

Selain itu, KPK juga memanggil dua saksi untuk tersangka Eni Maulani Saragih yakni CEO PT Blackgold Energy Indonesia dan Diah Aprilianingrum, seorang staf administrasi.

KPK dalam perkara ini telah menetapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih dan Budisutrisno Kotjo, yang pernah menjadi pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, sebagai tersangka.

KPK pada Jumat (20/7) telah memeriksa Sofyan juga sebagai saksi untuk tersangka Johannes. KPK memeriksanya untuk mendalami perannya dalam penunjukan Blackgold serta pertemuan-pertemuannya dengan tersangka.

Sebelumnya, KPK mengamankan barang bukti berupa Rp 500 juta dan dokumen tanda terima uang tersebut, yang diduga merupakan bagian dari komitmen bayaran 2,5 persen dari nilai proyek yang akan diberikan kepada Eni dan kawan-kawannya terkait kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

Penerimaan uang itu diduga merupakan merupakan penerimaan uang keempat Eni dari Johannes yang seluruhnya mencapai setidak-tidaknya Rp4,8 miliar, yang juga mencakup pemberian uang pada Desember 2017 (Rp2 miliar), Maret 2018 (Rp2 miliar), dan 8 Juni 2018 (Rp300 juta).

Johannes diduga memberikan uang itu kepada Eni melalui staf dan keluarga dalam upaya memuluskan proses penandatanganan kerja sama terkait pembangunan PLTU Riau-1.(yn/ant)

tag: #pln  #kpk  #enimaulani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...