Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 04 Okt 2018 - 19:04:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Beda dengan Pejabat, Pengamat ini Sebut Hoax Ratna Sarumpaet Hanya Merusak Dirinya Sendiri

62iswandi.jpg.jpg
Iswandi Syahputra (Sumber foto : Ist)

PADANG SIDEMPUAN (TEROPONGSENAYAN) --Publik Tanah Air baru saja digegerkan dengan drama kasus penganiayaan Ratna Sarumpaet.

Bahkan, sebelumnyaCapres Prabowo Subianto juga sempat 'kecele' karena turut andil menyebarkan kebohongan Ratna.

Episode hari pertama, Senin 1 Oktober 2018, dimulai dengan beredarnya gambar muka Ratna Sarumpaet bengkak atau lebam.Diiringi dengan kisah penganiayaan yang dialami aktivis perempuan berusia 70 tahun itu.

Episode hari kedua, Selasa 2 Oktober 2018, komentar demi komentar bermunculan. Mulai dari Capres Prabowo Subianto, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Fahri Hamzah, hingga tokoh reformasi Amien Rais meminta kasus Ratna Sarumpaet diusut.

Selanjutnya, episode hari ketiga, Rabu 3 Oktober 2018, polisi membeberkan temuan yang menyebut lebam-lebam Ratna Sarumpaettidak dianiaya, tapi operasi plastik.

Sore harinya, Ratna Sarumpaet kemudian menggelar jumpa pers dengan berlinang air mata. Membuat pengakuan bahwa dirinya telah berbohong dan meminta maaf.

Pengamat media sosial UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Iswandi Syahputra menilai gegernyakasus hoax Ratna Sarumpaet lantaran penyebarannya lebih cepat dan dipercaya publik. Hal itu tak lepas dari status Ratna, yang tak lain adalah sosok aktivis senior dan tokoh publik.

Hal tersebut, menurut Iswandi, sama juga dengan hoax yang diproduksi oleh pejabat negara juga akan lebih cepat dipercaya, diterima dan disebarkan.

"Bedanya, Ratna hanya merusak dirinya, tapi tidak merusak negara karena dia bukan pejabat negara. Ini berbeda jika hoax atau kebohongan dibuat oleh pejabat negara," kata Iswandi saat memberi materi seminar 'Cerdas Bermedia Sosial Perspektif UU ITE' di Fakultas Syari'ah dan Ilmu Hukum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Kamis (4/10/2018).

Lebih jauh,mantan Komisioner KPI Pusat inimengungkapkan, bahwa siapa pundapat menjadi korban hoaxtanpa terkecuali.

Sebab, kata dia, hoax memang diciptakan mirip dengan kenyataan sehingga mudah diterima sebagai sebuah kebenaran.

"Hoax adalah ketidakbenaran yang diproduksi secara sengaja untuk menyamarkan kebenaran. Sehingga menjadi kabur antara kebohongan, kecurangan, kejahatan dan kebenaran. Ini yang menyebabkan orang mudah percaya pada hoax. Apalagi disampaikan oleh tokoh publik," papar Iswandi.

Bahkan, lanjutnya, dalam sejarah Islam punNabi Muhammad SAWjuga pernah menjadi korban hoax.

"Kalau mengacu pada Al-Quran Surat An,-Nur ayat 12 dan 15, Nabi Muhammad SAW juga pernah menjadi korban hoax atau kabar bohong. Jadi, siapa saja dapat menjadi korban hoax," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Syari'ah dan Ilmu Hukum IAIN Padang Sidempuan, Fatahuddin Aziz Siregar meminta para mahasiswa ambil bagian sebagai agen pencegah hoax di masyarakat.

"Dalam perspektif hukum, tindakan penyebaran hoax dapat dicegah dengan memahami sanksi hukum dalam UU ITE. Sanksi ini harus terus diingat sebelum menyebar hoax," Aziz mengingatkan. (Alf)

tag: #ratna-sarumpaet  #hoax  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...