Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Kamis, 18 Okt 2018 - 13:27:51 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Beberkan Alasan Biaya Saksi Harus Ditanggung Negara

4zainuddin-amali-hade.jpg.jpg
Zainudin Amali (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--DPR berharap agar dana saksi pada Pemilu 2019 mendatang ditanggung Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN). Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengungkapkan sejumlah alasan bahwa saksi harus dibayar negara.

Menurut Amali, seluruh fraksi di Komisi II DPR sepakat dana saksi tidak dibebankan ke parpol. Sebab, ujar dia, tidak semua parpol peserta pemilu mempunyai dana yang cukup untuk membiayai saksi.

"Supaya terjadi keadilan, kesetaraan, semua partai bisa menugaskan saksinya di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Alasan berikutnya, ujar Amali, usulan tersebut muncul agar para calon anggota legislatif (caleg) tidak membiayai saksi sendiri pada Pemilu serentak nanti.

"Kita sudah tahu (jika ditanggung para caleg) akibatnya kemana-mana," imbuhnya.

"Jadi kita mau para caleg terbebas dari biaya-biaya seperti itu," kata Amali menegaskan.

Menurut Amali, dana saksi Pemilu ditanggung negara tidak akan membebani APBN. Sebab, ungkapnya, besar anggaran tidak seberapa dibandingkan dengan proses demokrasi yang harus dikorbankan jika tidak semua partai bisa menyediakan saksi.

"Tapi itu tergantung dari kemampuan keuangan pemerintah. Kalau pemerintah menyatakan tidak ada dana yang tersedia, ya sudah. Artinya kembali kepada partai sendiri untuk menanggung itu," ujarnya.(yn)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...