Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 01 Mei 2015 - 10:11:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Ratusan Buruh Mulai Padati Bundaran HI

24DemoBuruh_sahlan.jpg
Ratusan buruh mulai memadati Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan melakukan orasi, Jumat (1/5/2015) (Sumber foto : Sahlan Ake/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ratusan buruh mulai berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Mereka tergabung dari berbagai serikat buruh seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Komite Aksi Perempuan (KAP), Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI).

Dari pantauanTeropongSenayan di lapangan, sejumlah buruh mulai padati bundaran HI sejak pukul 08.00 dan menyampaikan orasi dengan berbagai tuntutan. Mulai dari meminta kenaikan upah kehidupan layak, tunjangan hidup yang memadai sampai menolak adanya outsourcing.

Dari Komite Aksi Perempuan (KAP) sendiri meminta agar pemerintah turut andil memperhatikan kesejahteraan buruh migran. Mereka juga menagih janji Jokowi saat kampanye dengan memberikan kerja layak, upah layak dan hidup layak.

"Hingga kini justru pemerintahan Jokowi-JK membiarkan persoalan-persoalan yang menimpa buruh perempuan," kata salah satu koordinator aksi, Lita Anggraeni di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (1/5/2015).

Ratusan buruh ini masih menunggu para serikat lainnya untuk jalan long march ke sekitar Monas, Jakarta untuk melakukan orasi besar-besaran di depan Istana Negara. Namun sampai saat ini belum terlihat pergerakan mereka menuju Istana.

Rencananya mereka juga akan melakukan aksi dan solat jumat berjamaah di depan Istana Kepresidenan itu.(yn)

tag: #may day  #demo buruh  #upah buruh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement