Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 24 Nov 2018 - 12:22:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengusaha Tempe Minta Sandiaga Setop Impor Kedelai

43IMG_20181124_121818.jpg.jpg
Sandiaga Uno (Sumber foto : Istimewa)

MALANG (TEROPONGSENAYAN)--Calon wakil presiden, Sandiaga Uno, mengunjungi kampung sentra industri tempe dan kripik tempe Sanan Malang, Jawa Timur, Jumat (23/11/2018).

Para pengusaha langsung memintaSandiaga jika terpilih jadi wapresagarmenghentikan ketergantungan pada kedelai impor.

Sandiaga mengatakan, kampung ini juga sudah memaksimalkan semua limbah yang dihasilkan dari tempe bermanfaat dan punya nilai ekonomis.

Dia melihat langsung proses pembuatan kripik di kampung Sanan. Dari pemotongan tempe, menggoreng tempe, hingga pengemasan.

Sandiaga juga sempat ikut memotong tempe dengan manual. Jenis tempe yang dipotong adalah jenis tempe yang disebutnya sebagai tempe teropong.

Dia berjanji, jika terpilih akan menggenjot produksi tempe di Indonesia. Agar produksi kedelai dan harga kedelai tidak tergantung pada fluktuasi pergerakkan mata uang asing.

"Saya dan Pak Prabowo berkomitmen untuk tidak tergantung dengan bahan baku impor. Kami akan mencoba menfaatkan sumber daya alam untuk mensejahterakan masyarakat. Insya Allah jika amanat menjadi pelayan masyarakat Indonesia jatuh kepada Prabowo-Sandi," katanya.

Pada tahun 2019 Prabowo-Sandiaga ubah deregulasi ekonomi untuk gerakan ekonomi rakyat.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Keripik Tempe Sanan, Arif, berharap jika Sandiaga terpilih bisa membuat bibit unggul untuk kedelai, sehingga tidak tergantung lagi dengan bahan baku impor.

"Dulu masih ada lima pemain impor, Amerika Serikat, Kanada, Mexico, India dan Cina. Namun sekarang hanya Amerika Serikat yang impor. Kalau dolar tinggi jelas berdampak langsung pada kami, pelaku usaha tempe ini,” kata Arif.

Sekitar 800 keluarga dan 2.000 pekerja menggantungkan hidupnya pada tempe, di Kampung Sanan. Rata-rata Kampung Sanan menghabiskan 30 ton kedele setiap harimya dan menghabiskan sekitar 1.500 tabung gas melon perhari.

Pesan kami yang lain pak, tolong banget jangan mencabut subsidi gas pak. Jika subsidi dicabut, pasti akan berdampak pada industri tempe di Sanan,” kata dia.(yn/ant)

tag: #sandiagauno  #prabowosandiaga  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...