Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 03 Des 2018 - 23:51:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Curhat ke Sandi, Pengrajin Songkok di Gresik: Omzet Turun Karena Bahannya Impor

49IMG-20181203-WA0039.jpg.jpg
Sandiaga Uno saat berbincang dengan pengrajin peci/songkok disela-sela kunjungannya di Kampung Belandongan, Gresik, Jawa Timur, Senin (3/12/2018). (Sumber foto : Mandra/TeropongSenayan.dok)

GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Cawapres nomor 02, Sandiaga Uno mendatangi kampung pengrajinpeci atau songkok disela-sela kunjungannya di Kampung Belandongan, Gresik, Jawa Timur, Senin (3/12/2018).

Diketahui, daerah ini merupakan kawasan yang memproduksi kopiah di Kabupaten Gresik. Terdapat lebih dari 500 UKM dengan rata-rata per UMKM memperkerjakan karyawan 20 sampai 40 orang.

Kepada Sandi, Muhammad Kamal generasi kedua pembuat songkok dari Gresik mengaku, ada penurunan daya beli masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Walau belum begitu terasa, tapi sedikit demi sedikit kini pesanannya mulai berkurang.

Pemilik merek BMH itu juga mengaku kain untuk membuat peci hitam itu masih bergantung pada impor. Pesanan memang biasa membanjir di bulan Ramadhan.

"Iya pak. Permasalahannya bahan bakunya impor. Jadi harganya juga tergantung naik turunnya dolar. Dan bahannya juga kadang sulit didapat," kata Kamal, yang mengaku bersama keluarganya bisa memperoduksi 40 peci perhari dengan harga jual satu peci Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu.

Menanggapi curhatan Kamal, Sandi mengatakan, bahwa sentra UMKM seperti ini akan fokus utama gerakan ekonomi rakyat Prabowo-Sandi.

"Produksi songkok ini bisa menjadi produksi kebanggaan Gresik, Indonesia, bahkan dunia. Kamal mengaku hanya menjual produksinya berdasarkan permintaan. Belum menggunakan online saja sudah lumayan penghasilannya. Bayangkan jika dimaksimalkan, dengan pelatihan OK OCE. Kami akan membuat OK OCE songkok di sini," paparnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Sandi tak lupa meminta Kamal untuk mengambilkan peci ukuran nomor 8.

"Enak dipakai pecinya. Pas. Kata sahabat saya yang sudah menjadi gubernur (Khofifah Indar Parawansyah), pake peci itu bisa membuat kegantengan naik 30 persen," katanya berseloroh. (Alf)

tag: #sandiagauno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement