Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Rabu, 05 Des 2018 - 08:29:27 WIB
Bagikan Berita ini :

31 WNI Dibunuh di Papua, Kedaulatan NKRI Terancam

52images (35).jpeg.jpeg
Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomafi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomafi mengaku prihatin atas peristiwa penembakan terhadap 31 pekerja Istaka Karya yang tengah mengerjakan proyek jembatan di Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Dia pun meminta pihak aparat segera mengendalikan keadaan serta memastikan soal jumlah korban, mengingat kesimpangsiuran informasi.

"Peristiwa ini menjadi ancaman serius terhadap kedaulatan NKRI dan jalannya program pembangunan di Papua yang tengah digalakkan oleh Pemerintah," kata Arwani di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

"Motif penyerangan itu sudah bukan lagi kriminal biasa tapi membuat teror bagi keamanan nasional dan ancaman terhadap NKRI. Aparat harus tegas. Penyerangan ini harus dihentikan. Jangan sampai negara kalah oleh teror gerombolan bersenjata yg mengancam NKRI," paparnya.

Wakil Ketua Umum PPP ini menambahkan, jika motifnya bukan lagi kriminal biasa maka perlu pelibatan secara maksimal aparat TNI.

"Meski tidak mengesampingkan peran Polri dalam pemulihan keamanan di Papua. Peristiwa ini juga menunjukkan bahwa eksistensi gerakan separatis di Papua masih ada," jelasnya.

Pasca kejadian ini, Arwani mendorong Polri dan TNI untuk meningkatkan pengamanan khususnya di daerah zona merah dan tempat-tempat proyek startegis khususnya di daerah-daerah yang potensi kerawanannya tinggi.

"Kejadian yang menimpa pekerja Istaka Karya harus menjadi sinyal untuk meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Tak hanya itu, peran Badan Intelejen Keamanan (Baintelkam) Polri dan Badan Intelejen Negara (BIN) untuk meningkatkan deteksi dini khususnya di daerah-daerah rawan keamanan.

Pasalnya, peristiwa ini tidak boleh membuat surut niat baik pemerintah untuk terus melanjutkan pembangunan di Papua.

"Tentu dengan jaminan aparat keamanan, agar peristiwa serupa tidak terjadi terhadap pekerja yang tengah membangun infrastruktur di Papua. Harus ada jaminan keselamatan dan keamanan bagi semua pekerja dan juga masyarakat di Papua," paparnya. (plt)

tag: #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement