Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 19 Jan 2019 - 19:26:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Airnav Indonesia Raih Predikat Excellent dari INACA

68Airnav.jpg.jpg
Menara navigasi Airnav Indonesia (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN) -- Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia berhasil menyabet predikat Excellent di bidang jasa pelayanan navigasi penerbangan dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Usai menerima penghargaan, Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan pihaknya akan mendorong peningkatan pelayanan Perum LPPNPI melalui pengukuran dan perencanaan tingkat pelayanan jasa navigasi penerbangan.

"Pada 2018, Airnav mendapatkan nilai Service Quality Index (SQI) 4,31 dengan interpretasi Excellent, tentunya hal ini meningkat dibandingkan nilai pada 2017 dimana AirNav mendapatkan nilai SQI 4,07," kata Novie di kantor AirNav Indonesia Cabang Semarang, Sabtu (19/1/2019).

Pada 2018 AirNav dan INACA melakukan survei dan observasi di sepuluh lokasi yaitu Kantor Cabang Jakarta Air Traffic Services Canter (JATSC), Makassar Air traffic Services Center (MATSC), Balikpapan, Batam (TanjungPinang), Bandung, Denpasar, Medan, Sentani, Surabaya, dan Ternate.

Untuk Cockpit Crew Satisfaction Index (CSI), pilot on duty yang mendarat di lokasi survei diwawancara mengenai kualitas layanan navigasi penerbangan seperti kualitas komunikasi penerbangan, informasi penerbangan, informasi cuaca, prosedur layanan navigasi penerbangan, dan kualitas personel navigasi.

Sedangkan untuk Observed Quality Index (OQI), tim INACA melakukan observasi langsung untuk meninjau kompetensi personel navigasi penerbangan, APP room, ACC room (khusus JATSC dan MATSC), brieffing office, ruang administrasi dan keuangan, keamanan lingkungan kerja, fasilitas komunikasi, fasilitas navigasi penerbangan, fasilitas otomasi, dan fasilitas surveillance.

"Bagi kami ini tentu sangat penting, karena melalui sinergi ini peningkatan keselamatan dan efisiensi penerbangan dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen INACA, Tengku Burhanudin mengapresiasi dukungan yang diberikan AirNav Indonesia.

"Hal tersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil SLA di 2018 dan diharapkan survey ini bisa terus dilanjutkan agar bisa menjadi koreksi untuk peningkatan pelayanan navigasi yang maksimal," tandasnya. (ahm)

tag: #dunia-penerbangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement