Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Rabu, 27 Feb 2019 - 18:58:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Tingkatkan Kinerja Ekspor, Menkeu Resmikan NED

tscom_news_photo_1551268735.jpg
Sri Mulyani saat peresmian National Export Dashboard (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Keuangan Sri Mulyani meresmikan National Export Dashboar (NED) atau Dasbor Ekspor Nasional yang merupakan pusat informasi untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

"National Export Dashboard akan kita gunakan bukan hanya untuk memonitor, tapi juga untuk menciptakan framework di dalam policy-policy yang kemudian bisa semakin dikoordinasikan, diintegrasikan, dan ditingkatkan dalam mendukung ekspor Indonesia," ujarnya di Kantor Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Sekedar informasi, NED merupakan pusat informasi berbasis web atau situs hasil kolaborasi LPEI, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, dan Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia (UNIED).

NED juga menyediakan laporan dan proyeksi industri, analisis dan data perdagangan, info pasar, info negara, risiko negara, komoditas ekspor, proyeksi ekonomi negara, serta isu yang tengah berkembang.

Sementara itu, LPEI menjadi Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan untuk mendorong peningkatan ekspor melalui penyediaan pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi.

Sedangkan DJBC berperan agar pelaku usaha merasa menjadi legal itu mudah, mendukung perindustrian agar makin kuat, meningkatkan ekspor, dan menjaga impor, meningkatkan fasilitasi dan kebijakan.

"Dengan kolaborasi LPEI, DJBC, dan UNIED menunjukkan sinergi kementerian yang baik antara Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan akademisi,” pungkasnya. (ahm)

tag: #kementerian-keuangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement