Berita

Rakyat Kena Musibah Gempa, Acara Wayang Di Istana Tetap Lanjut

Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 02 Agu 2019 - 23:00:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1564761623.jpg

Jokowi memberikan wayang Kresna kepada dalang Ki Manteb Soedharsono. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Guncangan gempa yang berpusat di barat daya Sumur Baten mengguncang seluruh wilayah Jabodetabek. 

Gempa yang terjadi sekitar pukul 19.08 WIB itu terasa cukup kuat di Jakarta. Karyawan dan pengunjung mall di Jakarta bahkan sempat dibuat kocar-kacir meninggalkan area gedung. 

Begitu juga ribuan warga pesisir Bandar Lampung juga panik akibat gempa di Banten. Mereka mengungsi ke dataran tinggi. Diantaranya, mengungsi ke Kantor Gubernur Lampung karena khawatir tsunami.

Namun demikian, meski terjadi musibah gempa, acara wayang di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, tetap berlanjut. Presiden Jokowi juga hadir dalam acara wayang ini.

Pantauan di lokasi, tak ada kepanikan saat gempa terjadi pada pukul 19.08 WIB, Jumat (2/8/2019). Warga juga tetap antre normal di mesin X-ray untuk menuju lokasi acara.

Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB itu tetap berlangsung normal. Didi Kempot menjadi artis pertama yang tampil. 

Didi Kempot membuka acara dengan lagu "Layang Kangen". Didi Kempot menghibur penonton sebelum acara wayang digelar.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyerahkan tokoh pewayangan Kresna kepada dalang Ki Manteb Soedharsono. Setelah menerima cendera mata dari Jokowi, Ki Manteb memulai pertunjukan wayang.

Acara wayang bertema "Kresna Jumeneng Ratu", Ki Manteb juga memberikan cendera mata kepada Jokowi.

Jokowi sempat memainkan wayang Kresna di hadapan tamu undangan. Jokowi menonton didampingi Ibu Negara Iriana.

Sebelum pertunjukan dimulai, Didi Kempot juga sempat menyanyikan lagu berjudul "Sewu Kutho". Lirik lagu tersebut sempat sedikit diedit oleh Didi Kempot.

"Sak tenane aku ra ngapusi, iseh tresno Pak Jokowi," ucap Didi Kempot disambut tepukan tangan penonton, seperti dikutip detik.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut pertunjukan wayang ini sebagai nostalgia masa kecil. Pertunjukan ini terbuka juga untuk umum.

"Saya rasa ini nostalgia, banyak yang datang. Mengenang masa kecil, ada rebusan, ada wedang. Bedanya satu, kalau biasanya di lapangan rumah penduduk, sekarang kita nonton di halaman Istana," kata Pratikno.

Selain Didi Kempot, seniman lain yang menghibur di antaranya Soimah, Butet Kertaradjasa, dan Endah Lasari.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan ada 1.500 undangan yang akan hadir. Heru mengatakan acara wayang akan dipimpin dalang Ki Manteb. 

"Acaranya wayang, Ki Manteb, hiburan Didi Kempot, ada Butet, setelah itu wayang lagi," jelas Heru.

"Jadi nanti setelah wayang ada hiburan dari para bintang tamu, lalu wayang lagi, kemudian hiburan lagi," kata Heru, Kamis (1/8/2019). (Alf)

tag: #gempa-bumi  

Bagikan Berita ini :