Oleh Rihad pada hari Wednesday, 25 Mar 2020 - 19:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pelajaran Dari Dokter Markus yang Sembuh dari Corona, Betapa Mudah Virus Menular

tscom_news_photo_1585137683.jpg
Ilustrasi Corona (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Orang batuk yang tidak memakai masker bisa menularkan virus termasuk virus Corona kepada orang lain di sekitarnya. Inilah pelajaran penting dari pengakuan seorang dokter di Surabaya yang telah sembuh dari virus COVID-19.

Penuturan dokter Markus yang telah dinyatakan sembuh dipertontonkan kepada wartawan oleh gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (24/3/2020) malam. Markus adalah salah satu dokter anestesi RSUD dr Soetomo dan dikonfirmasi positif Covid-19 setelah berinteraksi dengan pasien positif.

Markus menceritakan pertama kali ia tertular virus Corona. Penyebabnya sangat sederhana yakni saat dia keluar dari kamar mandi lalu berpapasan dengan orang yang sedang batuk-batuk tanpa memakai masker. Rupanya virus itu langsung masuk ke tubuh Markus dan akhirnya mengendap di sana.

Karena itu Markus mengharapkan masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan sendiri dan orang lain. "Jika positif maka harus diisolasi sehingga tidak menularkan orang lain," katanya.

Dokter Markus juga meminta masyarakat sadar untuk melakukan social distancing dan menjaga diri dengan tidak mengadakan sebuah pertemuan fisik dalam perkumpulan.

Dengan isolasi diri di rumah, maka tidak akan menyebarkan virus yang potensial berbahaya bagi orang tua atau orang memiliki banyak penyakit.

“Saya juga berharap kepada gubernur Jatim, juga satgas COVID-19 untuk tidak lupa menyediakan rumah singgah buat kami, para tenaga medis supaya kami tidak khawatir ketika bekerja pulang dan membawa virus itu kemudian menulari keluarga kami,” katanya.

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement