Oleh Alfin pada hari Jumat, 27 Mar 2020 - 20:50:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Perusahaan BUMN Terima Bantuan Peralatan Medis dari China Huadian

tscom_news_photo_1585317010.jpg
Erick Thohir Menteri BUMN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Perusahaan Badan Usaha Milik Negara, PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA menerima bantuan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan untuk penanganan virus corona dari perusahaan listrik China Huadian. China Huadian merupakan rekanan PTBA di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8.

Barang-barang yang diterima di antaranya masker, Alat Pelindung Diri (APD), thermometer shot gun, hingga hand sanitizier.

Bantuan ini diterima hari ini, Jumat (27/3), oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto di Lobi Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.

"Saya merasa senang banyak negara yang ingin membantu, ini membuktikan bahwa memang BUMN dipercaya. Saya yakin akan banyak lagi bantuan yang datang, bukan hanya dari China tetapi dari perusahaan-perusahaan negara lain. Saya harapkan dukungannya,” kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima TeropongSenayan, Jumat (27/3).

Dengan adanya bantuan ini, Erick berharap dapat memenuhi kebutuhan para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menangani COVID-19.

Sebelumnya, Indonesia juga menerima bantuan alat medis dari China. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di bawah pimpinan Luhut Pandjaitan menggandeng Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) untuk mendatangkan 40 ton alat-alat kesehatan dari China.

Seluruh bantuan itu didistribusikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kampus-kampus, dan lainnya.

Juru bicara Kemenko Marves, Jodi Mahardi, mengatakan alat-alat itu didapat dari beberapa perusahaan asal China yang berinvestasi di Indonesia. Para donatur itu sebagian besar merupakan investor yang telah berinvestasi di Indonesia seperti di Morowali, Weda Bay, Obi, Kendari, Konawe, dan daerah sekitar.

Selain China Huadian, berikut daftar perusahaan China yang memberikan sumbangan:

1. Tsingshan Charity Foundation

2. GEM Co. Ltd.

3. Huayou Cobalt Co. Ltd.

4. Shanghai Fosun Foundation (Dexin Steel) Zhenshi Group

5. BRUNP - CATL Harita Group (Halmahera Persada Lygend)

6. Project Hope

7. INACHAM (Indonesia Chamber of Commerce in China)

8. Indonesia Morowali Industrial Park

9. Indonesia Wedabay Industrial Park


tag: #menteri-bumn  #corona  #china  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...