Bisnis
Oleh Rihad pada hari Wednesday, 24 Feb 2021 - 20:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

XL Axiata Dukung Pemanfaatan Internet oleh Masyarakat Pedesaan

tscom_news_photo_1614174384.jpeg
Petani menggunakan laptop (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-XL Axiata terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan, salah satunya untuk mendukung pemanfaatan internet oleh masyarakat pedesaan.

Fiberisasi sendiri ditujukan untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di tiap area, karena salah satu manfaat proses ini adalah kapasitas jaringan transport lebih besar.

Fiberisasi XL juga diklaim mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang berbagai layanan data dengan kapasitas besar. Misalnya mendukung marketplace, streaming video, hingga pemanfaatan Internet of Things.

Salah satu program adalah kerjasama antara XL Axiata dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk memfasilitasi layanan internet bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dengan kerjasama ini, XL Axiata memberikan layanan internet kepada dua BUMDes, yakni BUMDes Gerbang Lentera di Semarang dan BUMDes Bumi Dipasena Jaya di Tulang Bawang, Lampung.

Chief Enterprise dan SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, kedua BUMDes di atas akan menerima layanan internet XL sesuai kebutuhan masing-masing. Selanjutnya internet akan disalurkan sesuai kebutuhan masing-masing.

"Lewat kerja sama ini XL Axiata mendorong percepatan pembangunan ekonomi digital dengan berbagai pelatihan guna memasarkan produk digital, sehingga bisa bisa menyasar pasar lebih luas lagi," katanya.

Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi & Investasi Desa Daerah Tertinggal Kemendes Nugroho Setyo mengatakan, kerja sama ini akan menjamin keberlanjutan keberadaan infrastruktur dan jaringan internet.

"BUMDes berperan sebagai center of digital learning bagi masyarakat desa. Selama tiga tahun ke depan, XL Axiata akan menyediakan layanan internet yang khusus bisa dimanfaatkan kedua BUMDes dan masyarakat dalam mengembangkan usahanya," kata Nugroho.

tag: #internet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement