Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 14 Nov 2022 - 18:54:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Sukses Hadirkan Kepala Negara di KTT G20, Kinerja Pemerintah Sebagai Presidensi Diapresiasi

tscom_news_photo_1668426873.jpeg
Bobby Adhityo Rizaldi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi kinerja pemerintah yang berhasil menghadirkan kepala negara dan perwakilan kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Bali. Salah satunya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

"Dengan hadirnya pimpinan negara-negara G20 hari ini, kinerja Pemerintah sebagai Presidensi sangat di apresiasi, baik dari hal non substansi, seperti penyelenggaraan venue, logistik, dan keamanan," kata Bobby dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/11/2022).

Selain itu, kata politikus Partai Golkar ini, secara substansi dari hasil gelar rapat-rapat sebelumnya di tingkat kementrian, sudah bisa mencapai kesepakatan-kesepakatan yang baik dan konstruktif dalam suasana kondusif dengan negara-negara G20.

"Yang nantinya tentu diupayakan menjadi keputusan komunike untuk menjadi "legacy" yang baik untuk pertemuan-pertemuan G20 selanjutnya," katanya.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ingin Presidensi G20 Indonesia dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, pertemuan internasional ini diharapkan menjadi warisan bagi G20 untuk meningkatkan peran dan profil Indonesia pada forum global.

“Tidak dapat dimungkiri, krisis yang dihadapi dunia saat ini penuh dengan risiko dan rintangan. Jadi, para pemimpin mengandalkan Anda, atas kebijaksanaan, solusi, dan inovasi untuk pemulihan ekonomi global,” ujar Airlangga saat menyambut kedatangan Delegasi Sherpa G20 secara virtual, Sabtu, (12/11/2022).

Airlangga juga mengatakan, rancangan pembahasan deklarasi tersebut mencakup masalah arsitektur kesehatan global, tranformasi digital, dan transisi energi. Deklarasi juga membahas mengenai isu ketahanan pangan yang menjadi masalah global saat ini.

Bagi Indonesia, kata Airlangga, yang merupakan perwakilan negara berkembang dan satu-satunya anggota G20 dari Asia Tenggara, inklusivitas menjadi sangat penting. Negara-negara anggota G20, kata dia, harus saling membantu dalam melalui masa-masa yang sulit.

“Kuncinya adalah mencapai keseimbangan. Dengan agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 sebagai penunjuk arah kita, kita harus mempertimbangkan solusi paling efektif untuk krisis multidimensi,” ujar Airlangga.

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement