Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 26 Jun 2015 - 07:11:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Buruh Asal China Buang Air Besar Sembarangan, Warga Lebak Banten Mengeluh

46BuruhChina.jpg
Buruh asal China (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tenaga kerja kasar asal China saat ini sudah 'menyerbu' berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya di kabupaten Lebak, Banten.

Warga Lebak tak hanya mengeluhkan ekspansi besar-besaran para tenaga kerja asal Negeri Tirai Bambu tersebut, namun perilaku warga China di daerah itu sangat tidak sopan. Mereka kerap buang air besar sembarangan. (Baca:Kemenaker Jangan Diam atas Masuknya Ribuan Pekerja dari China)

"Kami menerima laporan mereka tenaga kerja asing (TKA) asal China mereka buang air besar (BAB) di sembarangan tempat, sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Terlebih saat ini memasuki musim kemarau," kata Ketua LSM Banten, Pamungkas, di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Selasa (23/6/2015).

Pamungkas meminta perusahaan yang mempekerjakan buruh asal China itu bertanggung jawab pekerjanya. (Baca: Tenaga Kerja Kasar China Serbu Indonesia, Ini Janji Komisi IX)

"Kami minta perusahaan yang mempekerjakan warga Tiongkok itu dapat memberikan teguran atau tindakan terhadap mereka yang berperilaku jorok," ujar Pamungkas.

Dia mengungkapkan, para pekerja asing yang sedang membangun kawasan pabrik semen Merah Putih itu dipastikan berpendidikan sangat rendah. Sebab mereka tidak bisa membaca dan menulis. Mereka juga tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Karena itu, Pamungkas mendesak kepolisian dan imigrasi melakukan pengawasan dan pemantauan lantaran diduga mereka masuk ke Indonesia secara ilegal. (Baca: China Akan Kuasai Indonesia dan ASEAN Gantikan Amerika dan Inggris?)

"Jika mereka tidak dilengkapi dengan izin usaha dan dokumen lainnya, di antaranya paspor, maka harus dikembalikan ke negara asalnya," tukasnya. (Baca :Inilah Dasar Sindiran Tommy Akan Ada Pangkalan Militer di NKRI)

Buruh asal China itu dipekerjakan buat membangun pabrik semen Merah Putih di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Mereka dikontrak oleh perusahaan PT Cemendo Gemilang dengan PT Cinoma dan PT CHI.(yn/ant)

tag: #buruh china  #china  #lebak  #banten  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...