Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Kamis, 22 Okt 2015 - 13:16:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Kabut Asap Meluas, "Pak Presiden Saya Marah"

38Kalaweit2.jpg
Chanee Kalaweit (Sumber foto : youtube)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bencana kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia kondisinya makin mengkhawatirkan. Tak hanya hutan dan lahan yang rusak, tetapi bencana tersebut juga menimbilkan korban jiwa, bahkan tak sedikit merenggut nyawa anak-anak.

Melihat situasi yang semakin parah akibat dari kabut asap, seorang aktivis lingkungan Indonesia keturunan Eropa yang juga Direktur Kalaweit, Chanee Kalaweit menyampaikan pesan dan kekesalannya itu dalam sebuah video yang diunggah ke akun youtube.

Berikut video pesan Chanee Kalaweit yang diunggah ke youtube:

Pesan kepada Presiden Joko Widodo.
Nama saya Chanee, saya berasal dari Eropa, tapi saya sudah tinggal di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Saya sangat bangga menjadi warga negara Indonesia tiga tahun yang lalu, karena saya sungguh-sungguh mencintai Indonesia. Tetapi Bapak Presiden izinkan saya untuk menyampaikan hari ini kemarahan saya.

Saya marah bukan karena anak saya terkena ISPA seperti ratusan anak lain. Saya marah bukan karena ribuan orang sesak nafas dan menangis sambil berdoa dapat melihat matahari lagi. Saya marah tidak hanya karena alam dan hutan Kalimantan dihancurkan.

Bapak Presiden, saya marah karena semua penderitaan ini dibuat demi industri minyak kelapa sawit. Keputusan pemerintah sebelumnya dan keputusan pemerintah yang sekarang dengan sengaja menimbulkan masalah ini tiap tahun, dan diperparah tahun ini dengan Elnino.

Di dalam Kotamadya Palangkara saja, dari awal bulan Juli tahun ini saya sudah ilustrasikan dari udara puluhan kebakaran lahan demi ekspansi perkebunan kelapa sawit. Pada saat itu, pada saat asap belum menjadi berita semua titik api dapat dipadamkan. Tetapi itu tidak terjadi. Helikopter pemadam datang dua bulan kemudian. Petugas-petugas di lapangan sekuat-kuatnya mereka tidak bisa berbuat banyak saat api sudah menjadi besar di lahan gambut. Pemilik lahan yang dibakar tidak akan kena sanksi.

Bapak Presiden, bukan saya yang akan beritahukan Bapak kalau korupsi, kolusi, intimidasi masih merajalela di sini dan di daearah lain demi ekspansi industri perkebunan kelapa sawit.

Baca juga :Lagi, Bocah Meninggal di Riau karena Kabut Asap

Saat Pak Presiden memutuskan untuk membuat kanal-kanal baru di Kalimantan Tengah, Bapak membuat situasi menjadi lebih parah. Kanal-kanal yang dibikin sesuai dengan perintah Bapak akan mengering hutan dan memastikan lahan akan semakin gampang untuk dibakar.

Pak Presiden saya marah, tetapi tidak hanya sebagai aktivis lingkungan. Saya marah sebagai ayah, suami dan seseorang yang sungguh mencintai negeri ini.

Pelan-pelan kesehatan kami dicuri oleh oknum yang menimbulkan situasi ini. Apakah ini yang diinginkan Bapak demi industri kelapa sawit?
(yn)

tag: #kabut asap  #chanee kalaweit  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement