Berita

Wajah Koruptor Diusulkan Dipampang di Uang Rupiah

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 25 Sep 2017 - 15:40:24 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

30rupiah.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Koordinator Investigasi dari Centre for Budget Analisys (CBA) Jajang Nurjaman mengusulkan agar wajah para pelaku kejahatan korupsi dipampang di uang rupiah dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Biar ada efek jera bagi para pelaku korupsi dan supaya orang pikir-pikir kalau mau korupsi ketika wajahnya dipampang di uang rupiah maupun di KTP. Saya kira ini bentuk sanksi sosial yang inovatif dan inventif," tandas Jajang saat dihubungi di Jakarta, Senin (25/09/2017).

Selama ini, lanjut dia, hukuman yang ada bagi para pelaku kejahatan korupsi belum mampu meminimalisir angka kejahatan korupsi.

"Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya hukum bagi koruptor yang secara umum disebabkan karena beberapa sebab, pertama, Produk Hukum itu sendiri. Kedua, Aparat Penegak Hukum/Alat Penegak Hukum. ketiga, Sanksi/Hukuman," terang dia.

Padahal, kata dia, publik berharap tentunya adanya efek jera bagi para koruptor dan pejabat lainnya, dalam penerapan aturan hukum.

"Namun pada faktanya korupsi masih subur dipraktekkan, seolah para pejabat tidak ada rasa takut ketika melakukan penyimpangan. Hal tersebut bisa disebabkan, aturan hukum yang diterapkan selama ini masih bersifat konvensional, belum ada upaya yang inovativ dan inventif dari penegak hukum dalam merancang hukuman bagi koruptor. Jadi layak diusulkan itu hukuman para koruptor dipampang di uang rupiah dan KTP," tegasnya. (icl)

tag: #korupsi  

Bagikan Berita ini :