Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 13 Okt 2017 - 16:02:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Eni Maulani Pesimis Pemerintah Bisa "Taklukkan" Freeport

2EniMaulani.jpg
Eni Maulani Saragih (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih mengaku pesimis dengan progres renegosiasi yang dilakukan pemerintah dengan PT Freeport saat ini.

Sebab, lanjut dia, pemerintah hingga kini belum mampu merampungkan rincian serta menjelaskannya kepada DPR soal renegosiasi itu.

"Misalnya, soal besaran divestasi yang telah dicapai dari kesepakatan juga masih belum bisa dipercaya. Saya kira, Freeport McMoran and Gold Corp tidak mudah menyerahkan kendali anak usaha yang menyumbang keuntungan 40% itu berpindah kendali," tandas Politisi Golkar itu pada wartawan di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Sebaiknya, saran Eni, pemerintah membeberkan poin penting dalam kesepakatan itu yang sebenarnya.

"Soal valuasinya lebih fair kita hitung-hitungan saja. Apa yang kita punya dan mereka punya," tegasnya

Ia juga menyoroti soal kepatuhan PT Freeport yang kerap mengabaikan kewajiban yang sudah diwajibkan pemerintah. Contohnya pembangunan smelter yang sampai saat ini masih terbengkalai.

"Sampai berkali-kali perundingan soal pembangunan smelter itu sampai saat ini belum terwujud. Nol besar. Begitu banyak alasan yang diberikan Freeport, padahal itu yang diwajibkan UU. Apalagi divestasi 51% itu. Kemudian 10% saham (dari 51% divestasi) untuk daerah itu memang harus namun saya tidak meyakini juga," ungkapnya.

Eni menyesalkan langkah pemerintah yang terkesan mengistimewakan Freeport.

"Sedangkan izin ekspor sementara pada Oktober ini akan habis, kalau ini habis apakah perlu memberi izin lagi? Luar biasa sekali. Mudah-mudahan Pak Jokowi diberikan informasi sebenar-benarnya. Jadi ini agar jadi perhatian semua, harapannya negosiasi berjalan sesuai harapan bersama," pungkasnya.(yn)

tag: #enimaulani  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...