Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 08 Jan 2018 - 21:51:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Genjot Ekonomi, DPR Dorong Pemerintah Lakukan Diplomasi Kereta Api, Apa Itu?

38darmadi.jpg
Darmadi Durianto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politikus PDIP Darmadi Durianto mengusulkan agar pemerintah melakukan diplomasi spoor (kereta api) kepada negara-negara kawasan Asean khususnya negara yang memiliki perbatasan darat dengan Indonesia.

Menurutnya, diplomasi tersebut penting dilakukan guna menggenjot perekonomian negara.

"Diplomasi politik ekonomi kita harus progresif, ke depan kan konflik pangan yang akan terjadi. Ya diplomasi spoor itu salah satunya harus dipikirkan oleh pemerintah karena menurut saya akan banyak keuntungan yang didapat negara kita kalau pemerintah mampu meyakinkan negara Asean yang memiliki perbatasan darat dengan kita," ujar Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (08/01/2018).

Saatnya, kata dia, Indonesia harus berani berdiri tegak di kawasan negara-negara Asean khususnya dibidang ekonomi.

"Selama ini negara kita hanya jadi konsumen. Lihat saja dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Negara kita berlimpah sumber daya alam dan kalau sumber daya alam kita di ekspor secara masif ke negara-negara Asean melalui jalur darat maka akan berefek positif. Ekspor via jalur kereta akan jauh lebih murah dan efisien," tandas Anggota DPR RI itu.

Disamping itu, lanjut dia, jika ada jalur kereta api antar perbatasan negara Asean, maka banyak pengaruh lain disamping pengaruh ekonomi.

"Masyarakat perbatasan bisa terangkat derajat hidupnya dimana ada perekonomian yang menggeliat disitu nantinya. Selain itu pengaruh budaya kita juga akan sangat terasa karena disitu secara otomatis akan terjadi akulturasi budaya dua bangsa yang berbeda. Bisa saja kan nantinya budaya bangsa kita akan di adopsi oleh negara tujuan diplomasi spoor (kereta api) itu. Jangan kita meniru budaya dari luar terus donk, jangan kita diperangi budaya-budaya luar terus. Saatnya kita gelorakan bahwa Indonesia punya budaya luhur yaitu budaya Pancasila yang bisa dijadikan pedoman oleh bangsa lain juga," tegasnya. (icl)

tag: #pertumbuhan-ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement