Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 17 Feb 2018 - 08:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sulit Seragamkan Harga Gas, Permen ESDM Perlu Diamandemen

46enimaulanisaragih.jpg
Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih mengatakan, kebijakan gas bumi rumah tangga satu harga yang disepakati Pertamina dan PGN terkait pengaturan tata kelola migas berpijak kepada Permen ESDM Nomor 40 Tahun 2016 tentang Harga Gas Bumi untuk Industri. Jika harga gas sulit disamakan, menurut Eni, sebaiknya permennya diamendemen.

Merejuk ketentuan dalam permen tersebut, harga gas maksimal 6 Dollar AS per MMBTU (Million British Thermal Units).

Namun demikian, menurutnya, jika tata kelola gas masih carut marut dan harga gas dipasaran masih berbeda-beda maka Permen tersebut bisa saja diamandemen.

"Harga dari hulu maksimal 6 dollar. Gas ini seharusnya untuk industri, kenyataannya nggak sesuai dengan permen itu. Tapi harga industri masih mahal, jadi permennya harusnya diubah dong. Karena kenyataannya harga gas di hulu lebih dari 6 dollar," ungkap Politikus Golkar itu kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/02/2018).

Diungkapkannya, saat ini sudah banyak gas yang dijual dengan harga di atas 6 dollar pada hulunya, seperti gas WNO.

"Kalau permen yang mengisyaratkan itu mahalnya maksimal 6 dollar tapi dijual yang 7 dollar sudah dihulu, bagaimana sampai dihilir ?," tanya dia.

Eni menambahkan, DPR menginginkan kebijakan harga gas bisa sama seperti BBM, yakni satu harga. Namun, harga gas yang berbeda-beda membuat kebijakan tersebut sulit diterapkan.

"Bagaimana caranya harga itu bisa sama. Tapi kalau di gas kan itu nggak bisa sama, susah. Kalau di gas ada transportasi juga," tandasnya. (plt)

tag: #enimaulani  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...