Berita
Oleh sahlan ake pada hari Sabtu, 28 Jul 2018 - 10:22:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Romy: Jangan Benturkan Islam dengan Nasionalis

68romahurmuziy.jpg
Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi XI DPR RI, M. Romahurmuziy menyebut saat ini ada pihak yang menuduh Indonesia jauh dari nilai-nilai Islami. Padahal saat ini banyak undang-undang yang telah mengakomodir syariah Islam dalam kehiduan sehari-hari.

“Ada undang-undang yang mengatur tentang perkawinan yang sesuai dengan syariat Islam. Ada juga undang-undang yang mengatur tentang perbankan dan perekonomian syariah,” kata Rommy dalam acara sosialisasi empat Pilar di Aula Timur Institut Teknologi Bandung, Jumat (27/7/2018).

Rommy menambahkan bahwa Indonesia ini berdiri kokoh di atas empat pilar. Empat pilar itu selama ini menopang kehidupan berbangsa dan bernegara, sejak merdeka pada 1945 silam.

“Empat pilar itu kadang disingkat dengan PBNU yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-undang Dasar 1945,” jelas Rommy.

Pancasila, menurut Rommy, adalah sebuah kesepakatan besar semua pendiri bangsa untuk Indonesia. Pancasila ini sesuai dengan Piagam Madinah yang dibuat oleh Nabi Muhammad saat mendirikan Negara Madinah yang menyatukan Umat Islam dengan penganut agama lain. Piagam inilah yang menyatukan semua golongan untuk bernaung bersama-sama dalam satu negara.

Pancasila sendiri didirikan oleh para sembilan pendiri bangsa yang terdiri dari empat perwakilan empat tokoh muslim, empat tokoh nasionalis, dan satu perwakilan kaum minoritas. Dan Pancasila ini adalah titik temu bagi semua kalangan.

“Sila pertama dalam Pancasila itu mencerminkan bahwa Indonesia adalah agama ketuhanan yang menganut monoteisme,” jelas Rommy.

Rommy berharap agar tidak ada pihak, terutama umat Islam, yang membenturkan antara Islam dan nasionalis. Apalagi para ulama di zaman perjuangan selalu mengobarkan jiwa nasionalisme untuk mengusir penjajah.

Bahkan para ulama NU mempopulerkan istilah cinta tanah air sebagian dari iman.

"Istilah inilah yang ikut mengobarkan umat Islam untuk berjuang mengusir penjajah dan menjaga kemerdekaan Indonesia," tandasnya.(plt)

tag: #romi  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...