Berita
Oleh E. Sofyan pada hari Senin, 01 Okt 2018 - 20:26:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Sebut Bantuan Internasional kepada Korban Tsunami Palu Hanya Sebatas Barang

17bandara-makassar-buka-posko-informasi-dan-kirim-bantuan-untuk-korban-gempa-palu-QoRpj28BFT.jpg.jpg
Ilustrasi bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu bagi negara luar yang ingin membantu korban gempa/tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita membenarkan adanya informasi tersebut. Namun, menurutnya, bangsa asing hanya akan memberi bantuan dalam bentuk barang.

"Kemungkinan-kemungkinan bantuan-bantuan itu hanya barang. Mereka tidak masuk ke Indonesia, apalagi ke lokasi," kata Agus di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Agus juga mengatakan, nantinya bantuan tersebut akan disalurkan oleh pemerintah Indonesia sendiri.

"Kita sendiri yang mendistribusikan menyalurkan bantuan-bantuan itu," tuturnya.

Lebih jauh, Agus menjelaskan, alasan Jokowi membuka pintu bantuan internasional. Saat ini banyak negara sahabat yang menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi kondisi pascagempa.

"Nah itu kemudian nanti presiden menyatakan bahwa negara-negara itu diperbolehkan membantu tapi itu nanti dikoordinir seperti apa mekanismenya atau jenis bantuannya itu akan dikoordinir oleh Kemenko Polhukam," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu untuk bantuan internasional guna mengatasi situasi pasca-bencana. Hal itu diungkapkan jubir Presiden, Johan Budi.

Hal ini juga diinformasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dia menyatakan telah berkomunikasi dengan Menlu Retno LP Marsudi, yang tengah berada di Amerika Serikat. (Alf)

tag: #gempa-bumi  #tsunami  #kementerian-sosial  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...