Opini
Oleh Indra (Ketua Departemen Buruh DPP PKS) pada hari Jumat, 01 Mei 2015 - 20:57:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Janganlah Pemerintah Merespon Aksi Buruh dengan Pencitraan

45DEMO_MAYDAY_6.jpg
Demo buruh pada peringatan May Day (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

Hari ini, 1 Mei 2015 (May Day) diperingati para buruh di seluruh dunia sebagai momentum kebangkitan dan perbaikan. Dalam konteks keindonesiaan, hari ini diperingati oleh berbagai elemen buruh yang turun ke jalan dengan menyerukan brbagai tuntutn. Saya mendukung berbagai tuntutan kaum buruh Indonesia, karena memang hal tersebut merupakan hal mendasar yang seharusnya mereka dapatkan.

Pemerintah harus menjamin peningkatan kesejahteraan, upah layak, penghapusan perbudakan modern dalam bentuk praktik outsourcing dan kerja kontrak yang menyimpang. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan jaminan kebebasan berserikat, tindak PHK sepihak, jaminan social security, dan lain-lainnya. Tidak sepantasnya pemerintah membebani buruh dengan tingginya harga BBM, tarif dasar listrik (TDL), serta kenaikan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Saya menilai 'sangat bebal' apabila pemerintah berencana membuat kebijakan yang hanya akan menaikkan upah buruh hanya 5 tahun sekali. Jika hal itu dilakukan maka akan hanya memiskinkan kaum buruh.

Persoalan mendasar mengapa akhirnya setiap May Day buruh terus berdemonstrasi dan turun ke jalan? Jawabnya karena memang selama ini pemerintah telah gagal dan lalai memenuhi amanat undang-undang dan UUD 1945 yang menjamin berbagai hak buruh. Penegakan hukum atas pemenuhan hak dasar buruh dan berbagai penyimpangan selama ini sangatlah lemah. Pemerintah terlalu sering abai dan bahkan lebih sering berselingkuh dengan para pengusaha dan kapitalis dengan membiarkan berbagai penyimpangan atas hak-hak buruh.

Oleh karena itu bersamaan dengan momen May Day ini saya mendesak Presiden Jokowi untuk mendengarkan dan memenuhi tuntutan buruh tersebut. Presiden sudah seharusnya memberikn kado konkret kepada para buruh dalam bentuk memenuhi tuntutan mereka. Jadi jangan lagi hanya melakukan pencitraan belaka yang tidak bermakna untuk buruh. Jokowi harus membuktiakn bahwa dia "seorang Presiden yang sebenarnya", yakni Presiden yang mampu memenuhi janji-janji kampanyenya kepada kaum buruh sewaktu Pilpres 2014 lalu. Juga sesuai dengan yang tertuang dalam Nawacita.

Selamat hari buruh, teruslah bergerak dan berjuang, karena kehidupan layak dan kesejahteraan adalah hak mereka yang telah bekerja dan berkeringat.(*)

Penulis juga Dewan Pakar Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Ketua Penasehat LBH DPP FSPMI.

TeropongRakyat adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongRakyat menjadi tanggung jawab Penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #may day  #demo buruh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Prabowo dan Gaza Solidarity Encampment

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan gerakan internasional melalui pikirannya yang dia suarakan di salah satu kolom majalah terbesar eropa, "the ...
Opini

Pesan Menggetarkan Tokoh Aktivis Indonesia: Menghidupi Diri dan Menghidupkan Demokrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dalam suatu pertemuan yang melibatkan para aktivis lintas angkatan beberapa hari lalu (2 Mei 2024), dikawasan Mampang, Jakarta Selatan, dr. Hariman Siregar, mantan aktivis ...