Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 16 Des 2018 - 11:53:51 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Apresiasi MK Soal Batas Usia Pernikahan Minimal 19 Tahun

85-karena-takut-tidur-sendiri-siswa-smp-ini-akhirnya-nikah-besok-vzk.jpg.jpg
Calon pengantin sepasang kekasih siswa SMP usia dini di Bantaeng yang identitasnya dirahasiakan. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati mengapresiasi, keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas putusan uji materi UU No 1/1974 tentang Perkawinan ihwal batas usia pernikahan bagi perempuan yang semula 16 tahun, yang dinilai inkonstitusional.

Menurut Okky, putusantersebut telah menempatkan perempuan dalam proteksi konstitusional dan berkeadilan.

"Kendati putusan tersebut harus ditindaklanjuti oleh pembuat UU yakni DPR dan pemerintah untuk mengubah norma yang terdapat dalam UU Perkawinan tersebut dengan batasan waktu tiga tahun sejak putusan MK ini dibacakan," kata Okky di Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Politisi Nasdem ini menilai, persoalan batas minimal usia nikah perempuan dari 16 tahun harus diubah menjadi 19 tahun, tidak sekadar semata-mata supaya sama dengan laki-laki.

Lebih dari itu, lanjut dia, angka tersebut memiliki filosofi atas proteksi terhadap perempuan khususnya dari sisi alat reproduksi perempuan serta kematangan mental perempuan dalam berumahtangga.

Di samping itu, World Health Organization (WHO) mendefinisikan usia anak yakni di usia 18 tahun ke bawah.

"Persoalan di lapangan atas praktik pernikahan dini di sejumlah daerah di Indonesia menjadi tantangan bagi stakeholder untuk memberi edukasi kepada masyarakat secara paripurna," jelasnya.

"Peran BKKBN, Kantor Urusan Agama (KUA), serta tokoh agamawan dibutuhkan untuk menyampaikan tentang urgensi usia dewasa dalam menikah baik bagi laki-laki maupun perempuan," tambahnya.

Pasalnya, terang dia, dampak negatif pernikahan dini bisa mengakibatkan tingkat kerawanan bayi dan ibu meninggal saat melahirkan, gizi buruk, dan stunting serta persoalan sosial yang diakibatkan ketidakmatangan usia dalam merajut perkawinan.

"Saya mendorong stakeholder khususnya dari kalangan Civil Society Organization (CSO) untuk mengawal proses perubahan UU No 1/1974 tentang Perkawinan terkhusus dalam perubahan norma tentang batas usia minimal pernikahan bagi perempuan," tegas dia. (Alf)

tag: #mahkamah-konstitusi  #komisi-ix  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...