Oleh Ahmad Syaikh pada hari Jumat, 27 Des 2019 - 17:25:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Uighur, Menlu Retno Mengaku Terus Komunikasi dengan Tiongkok

tscom_news_photo_1577442326.jpeg
Menlu RI Retno LP Marsudi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan pemerintah masih terus berkomunikasi dengan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengenai isu kemanusiaan di Uighur.

"Masalah Uighur ini sebenarnya sudah lama. Jadi, kita terus berkomunikasi dengan pemerintah RRT," kata Retno di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Retno mengaku sudah beberapa kali melakukan pertemuan, antara lain dengan Dubes RRT untuk Indonesia Xiao Qian.

"Pasti teman-teman kalau melihat rekam jejak digital dari Twitter saya pasti ada. Kemarin saya melakukan pertemuan dengan Menlu RRT ada di Twitter saya," katanya.

Pertemuan kemudian kembali dilakukan pada 23 Desember lalu, yakni Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu bertemu dengan Dubes RRT untuk Indonesia.

"Kita juga meminta informasi apa yang terjadi. Dengan Menlu RRT kita cukup panjang berdiskusi mengenai masalah situasi," katanya.

Yang jelas, menurut Retno sikap Indonesia menekankan pentingnyauntuk saling menghormati kebebasan beragama.

"Jadi, kalau dikatakan kita tidak melakukan sesuatu itu tidak benar. Cek rekam jejak digital apa yang sudah kita pernah sampaikan kepada Pemerintah China," tutup Retno.

Sebelumnya Reuters melaporkan adanya persekusi dan diskriminasi terhadap etnis muslim Uighur di wilayah Xinjiang.

Bahkan para ahli dan aktivis PBB menyebutkan sedikitnya satu juga warga Uighur dan anggota kelompok minoritas muslim lainnya ditahan di kamp-kamp di Xinjiang sejak 2017.

Selain itu, pemerintah RRT juga dikabarkan melarang etnis Uighur dan warga Muslim lainnya di Xinjiang untuk menjalankan ibadah, terutama berlaku bagi pegawai negeri sipil, guru, dan pelajar. (ahm)

tag: #menteri-luar-negeri  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Pemeriksaan Swab Habib Rizieq Timbulkan Pergolakan Baru

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 28 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemeriksaan Swab terhadap Habib Rizieq menimbulkan pergulatan baru. Habib Rizieq kabarnya sudah menjalani tes. Tapi hasil tes Swab yang dilakukan petugas MER-C, dirahasiakan ...
Berita

Terima Pengurus Gercin, LaNyalla Ingin Fokus Bahas Kesejahteraan Papua

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti ingin fokus membahas isu kesejahteraan di Papua. Bukan isu keamanan dan ketertiban. Demikian disampaikan LaNyalla saat menerima ...