Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 14 Mar 2024 - 20:50:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Harus Jadi Prioritas

tscom_news_photo_1710424245.jpeg
Lestari Moerdijat (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Setiap anak harus memiliki akses penuh terhadap kehidupan sehingga upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak harus menjadi prioritas untuk diwujudkan.

"Upaya peningkatan layanan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan anak seperti pemberian imunisasi polio lengkap harus menjadi perhatian semua pihak, untuk melindungi generasi penerus bangsa," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan dengan pemerintah provinsi dan kabupaten, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan UNICEF menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio untuk merespon wabah polio di sejumlah daerah yang terjadi pada akhir Desember 2023.

Hingga saat ini PIN polio itu sudah berlangsung dua putaran. Putaran pertama imunisasi dimulai pada 15 Januari dan putaran kedua pada 19 Februari.

Catatan Kemenkes Sub PIN polio ini hingga 5 Maret 2024 sudah menjangkau 8,7 juta anak berusia 0-7 tahun di 74 kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Lestari, kecepatan dan ketepatan dalam mengatasi ancaman di sektor kesehatan sangat diperlukan di tengah harapan bangsa ini untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang tangguh.

Kesiapsiagaan mengantisipasi dampak mewabahnya suatu penyakit, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan dan masyarakat di tanah air.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap upaya untuk menanamkan budaya hidup sehat bisa dilakukan sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga dan di setiap jenjang pendidikan yang dilalui setiap anak bangsa.

Rerie berpendapat hanya dengan pemahaman yang sama antarsesama masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat, sejumlah penyakit yang masih mengancam kehidupan setiap anak bangsa dapat diatasi.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu membangun sistem pelayanan kesehatan nasional yang mampu mengantisipasi sekaligus mengatasi setiap ancaman dan tantangan kesehatan yang dihadapi setiap warga negara.

tag: #mpr  #lestari-moerdijat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement