Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 25 Sep 2015 - 14:42:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli Zon: Penanganan Korban Musibah Mina Lamban

29mina2.jpg
korban musibah mina (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pemerintah Arab Saudi lamban dalam menangani korban musibah Mina yang menyebabkan ratusan jamaah meninggal dunia dan luka.

"Saya dapat informasi dari jamaah Indonsia yang selamat dari maktab 405. Dia ada di okasi saat insiden, namanya Pak Tatang dan Pak Oyo, penanganannya sangat lamban," kata Fadli pada pesan singkatnya, Jumat (25/9/2015).

Soal jumlah korban meninggal dan luka, kata politisi Gerindra yang naik haji karena undangan raja itu mengaku, masih simpang siur. Demikian juga soal kronologinya musibah itu, otoritas Arab Saudi sangat tertutup.

Dia juga menyayangkan tak ada petugas Indonesia yang standby di RS Emergency Mina. "Kami ada di sana dari pukul 15.00 hingga 20.15 di RS. Jamaah kita yang jadi korban duduk berjam-jam tidak ada petugas haji kita yang datang," ujar Fadli.

Fadli menyebutkan ada jamaah bernama Ati Rohyani yang duduk sampai 8 jam hingga kedinginan. Kaki dan tangannya luka-luka dan tak bisa jalan. Ia mengaku ada enam keluarganya yang sampai kini belum jelas nasibnya dan tidak bisa dihubungi.

Fadli Zon benar-benar menyayangkan penanganan korban termasuk jamaah asal Indonesia. Suasananya memprihatinkan, bahkan ada jamaah diam saja di pelataran rumah sakit dan tidak tahu harus kembali ke maktabnya.

"Lebih repot lagi sudah sepuh dan hanya bisa bahasa daerah. Ini harus dibenahi kedepannya," tambahnya.(ss)

tag: #musibah mina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement