Bisnis

Bongkar Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, Nasir Djamil Dorong Pembentukan Dewan Etik KY

Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 12 Mar 2019 - 18:12:44 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1552389164.jpg

Kantor Komisi Yudisial (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Nasir Djamil menegaskan, bahwa marwah Komisi Yudisial (KY) harus dijaga.

Hal ini disampaikan Nasir, menanggapi adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan dua pimpinan Komisi Yudisial (KY), yaitu Aidul Fitriaciada Azhari dan Sumartoyo terkait penyalahgunaan wewenang dan konflik kepentingan di internal KY. Menurut dia, ini harus ditelusuri.

Nasir pun mendesak pembentukan Dewan Etik untuk mengetahui duduk masalah yang dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Peradilan, yang menyatakan adanya dugaan pelanggaran etik oleh Sumartoyo dan Aidul Fitriciada Azhari. 

"Bagaimanapun integritas serta imparsialitas KY merupakan faktor determinan keberhasilan KY dalam mewujudkan peradilan yang bermartabat dan berintegritas," kata Nasir di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

"Untuk itu, KY perlu segera membentuk majelis etik untuk membuktikan kebenaran atas berbagai dugaan tersebut," tambahnya.

Lebih jauh, Nasir mengatakan pihaknya sangat fokus terhadap efektivitas kinerja KY, yang merupakan ujung tombak pengawasan eksternal terhadap upaya pengawasan institusi peradilan.

"Jangan sampai ulah sebagian orang akan merusak kinerja KY dalam mengawal proses independensi institusi peradilan di Indonesia," jelas Nasir. (Alf)

tag: #komisi-yudisial  #komisi-iii  #dpr  #nasirdjamil  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement