Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 17 Mei 2017 - 06:18:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Walau Minoritas, Pemerintah Cina Puji Keharmonisan WNI Islam

34cina.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BEIJING (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah Cina mengacungi jempol kepada umat Islam asal Indonesia karena bisa hidup berdampingan dengan penduduk setempat.

"Tentu kami sangat senang jika muslim Indonesia bisa harmonis (hidup berdampingan) dan bahagia di China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying seperti dikutip Antara di Beijing, Selasa (16/5/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan untuk menanggapi Presiden Joko Widodo yang merasa bahagia karena umat Islam asal Indonesia yang berada di Cina diperhatikan dan diperlakukan dengan baik oleh pemerintah setempat.

Hua menambahkan bahwa masjid-masjid di Cina mendapatkan perhatian yang sangat baik dari pemerintah setempat.

Dan dia merasakan bahwa etnis di Cina yang jumlahnya mencapai 56 golongan bisa hidup berdampingan antara satu dengan yang lain.

"Umat Islam menjadi salah satu bagian terpenting dari penduduk Cina dan mereka setara dengan kelompok-kelompok yang lain," katanya saat ditemui seusai memberikan pengarahan pers reguler itu.

Pemerintah Cina, lanjut dia juga menyambut baik masyarakat Indonesia di negara berpenduduk terbesar di dunia itu.

Dalam "press briefing" harian, Hua mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping menganggap hubungan China dengan Indonesia sangat spesifik.

"Kami berharap hubungan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua negara," ujarnya.

Di sela-sela menghadiri KTT Jalur Sutera dan Sabuk Maritim Baru untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum) di Beijing, Minggu (14/5), Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk berkunjung ke Masjid Niujie.

"Saya sangat senang dan bahagia bahwa umat Muslim Indonesia yang berada di Tiongkok ini sangat didukung dan diberikan ruang yang sangat baik oleh pemerintah Tiongkok," ujar Jokowi setelah bertemu Presiden Asosiasi Muslim RRC Yang Faming di kompleks masjid tertua dan terbesar di Beijing itu. (Ant/icl)

tag: #cina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...